Home / ADVERTORIAL / Di Balik Keindahan Masjid Baitushobur Tulangbawang Barat

Di Balik Keindahan Masjid Baitushobur Tulangbawang Barat

Foto : Komplek Islamik Center Tubaba (tampak atas)

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Keindahan desain masjid Islamic Center Tulangbawang Barat ternyata menimbulkan kekhawatiran akan pergeseran esensi tempat ibadah. Hal ini seperti disampaikan Artha di kabupaten tersebut kepada tampabatas.com, Mei 2021.

Foto:Masjid Baitushobur di Islamik Center Tuaba (tampak depan ketika petang).

Desain masjid yang diresmikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada 2016 lalu ini memang banyak menuai pujian. Berada satu komplek dengan Sesat Agung atau balai adat, kedua bangunan ini dikelilingi danau buatan.

Foto:Masjid Baitushobur di Islamik Center Tuaba (tampak depan ketika siang).

Oleh arsitek yang merancangnya, masjid dibuat vertikal dan Sesat Agung horisontal. Dan yang unik, tak seperti lazimnya, masjid itu tidak berkubah dan tak bermenara.

“Hal ini yang menimbulkan kekhawatiran karena banyak orang yang datang hanya ingin tahu bagaimana bentuk bangunannya sehingga memungkinkan pergeseran makna masjid sebagai tempat ibadah,” ujar Artha yang tercatat sebagai Sarjana jebolan Universitas Lampung.

Foto : Masjid Baitushobur (tampak belakang).

Kehawatiran ini beralasan karena tempat yang begitu sejuk dan nyaman karena banyaknya kekayuan langka yang ditanam di komplek Islamik Center sehingga banyak muda mudi akan senang berada di sana.

“Untuk itu, saya berharap Pemkab Tulangbawang Barat bisa mengembalikan esensi masjid ini sebagai tempat ibadah. Bisa dibangun sarana penunjang seperti perpustakan islami atau yang lainnya,” harap Artha. (ADV/KMF).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Pemkab Tubaba Bahas Draft Pelimpahan Wewenang Kepada Camat

  Tampabatas.com(SMSI-lpg), Tulangbawang Barat (Tubaba).- Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat Nopriwan Jaya SP membuka Rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *