Home / ADVERTORIAL / Pemkab Tubaba Musrenbang RKPD Tubaba Th 2022

Pemkab Tubaba Musrenbang RKPD Tubaba Th 2022

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, melaksanakan agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Rapat Bupati Pemkab setempat. April 2021.

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kali ini mengangkat tema ” Peningkatan Kualitas SDM dan Pemulihan Ekonomi untuk Tubaba Maju Sejahtera dan Berdaya Sahing”.

Mengutip dari sambutan, Bupati Umar Ahmad mengatakan, Pemusatan musrenbang di Kabupaten Tubaba tersebut dalam upaya meminimalisir penyebaran Virus Covid 19 di Kabupaten Tulangbawang Barat dengan mengundang peserta secara terbatas, dengan tetap melaksanakan Prokes secara ketat.

Untuk diketahui bahwa penjaringan aspirasi masyarakat yang merupakan proses awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dilakukan secara bertahap melalui forum musyawarah pembangunan yang secara partisifatif dilakukan mulai dari tingkat Tiyuh, Kelurahan, dan Kecamatan.

“Musrenbang Kecamatan yang lalu telah dilaksanakan dengan cara berbeda, usai musrenbang seluruh peserta melakukan field trip ke seluruh destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tulangbawang Barat dengan harapan bisa jadi memicu gerak langkah kita untuk bersemangat membangun Kabupaten yang kita cintai,” Kata Bupati.

Lanjutnya, berharap sekali Pemerintah Provinsi juga bisa melihat atau mengunjungi pembangunan di Kabupaten Tulangbawang Barat, atas nama Pemkab Tubaba sadar Kabupaten Tubaba hanya sekitaran 3% luasnya dari wilayah Lampung namun demikian yg dilakukan ini guna mendorong percepatan pembangunan di Lampung secara luas.

”Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan Merupakan Forum antar pelaku pembangunan di Kecamatan dalam rangka menyusun Dokumen RKPD Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2022. Pelaksanaan Musrenbang ini adalah amanat dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Permendagri No 86 Tahun 2017.”terang Bupati.

Bupati menguraikan, Musrenbang RKPD Kabupaten, di Kabupaten Tulangbawang Barat merupakan satu kesatuan dari Musrenbang Tiyuh, untuk penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintahan Tiyuh. Hasil Rekapitulasi dalam bentuk daftar usulan dari pelaksanaan Musrenbang Tiyuh itu harus menjadi dasar dalam pelaksanaan Musrenbang ini.

“Daftar usulan harus telah melalui verifikasi Camat sebagai bentuk pengawasan dalam proses perencanaan dan penganggaran dana desa,untuk tahun 2022 mendatang ,rancangan awal RKPD Kabupaten tulang bawang barat adalah “Pembangunan Ekonomi Daerah Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia”. Ada Lima prioritas pembangunan Kabupaten Tulangbawang Barat yang telah ditetapkan tahun 2021 yakni, Pembangunan Sumber Daya Manusia Kesehatan Masyarakat,Pembangunan Infrastruktur,Pembangunan Ekonomi Masyarakat, Pengetasan Kemiskinan serta Reformasi Birokrasi dan pelayanan publik. Dalam Pelaksanaan Musrenbang tahun 2021 ini menekankan proses perencanaan dan penganggaran RKPD tahun 2022 mendatang”.pungkas Umar Ahmad.

Hadir pada acara tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung yang terhubung secara virtual,Bupati Tulang Bawang Barat, Ketua DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat, Forkopimda Kabupaten Tulang Bawang Barat yang terhubung secara virtual, Ketua MUI Kabupaten Tulang Bawang Barat, Wakil Bupati Tulang Bawang Barat, Asisten I, II, III Kabupaten Tulang Bawang Barat, Camat, seluruh Kepala OPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Kabupaten Tulang Bawang Barat. (ADV/KMF).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Pemkab Tubaba Bahas Draft Pelimpahan Wewenang Kepada Camat

  Tampabatas.com(SMSI-lpg), Tulangbawang Barat (Tubaba).- Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat Nopriwan Jaya SP membuka Rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *