Home / ADVERTORIAL / Makna Bangunan Rumah Budaya Sessat Agung Bumi Gayo Ragem Sai Mangi Wawai Tubaba

Makna Bangunan Rumah Budaya Sessat Agung Bumi Gayo Ragem Sai Mangi Wawai Tubaba

Foto: Rumah Budaya Sessat agung Bumi Gayo Ragem sai Mangi Wawai kabupaten Tubaba (tampak depan)

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat  dua bangunan ikon daerah yaitu Sesat Agung Tubaba dan Islamic Center yang keduanya saling besebelahan.

Mendampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tulangbawang Barat, Sekretaris Sayuti menjelaskan, sebagai lambang daerah kedua bangunan ini dirancang oleh arsitek profesional kelas dunia Andra Matin dan kawan -kawan.

Foto: Hi.Umar Ahmad,SP Bupati Tulangbawang Barat.

“Sessat Agung atau balai adat yang diberi nama Sessat agung Bumi gayo Ragemsai Mangi Wawai, merupakan gabungan 4 rumah besar diartikan sebagai 4 marga besar yang ada di Tulang Bawang yang juga ada Kabupaten Tulangbawang Barat,”jelas Sayuti.

Dia menerangkan, Empat rumah besar menaungi 5 rumah, yang mewakili transmigran dari 5 pulau besar Indonesia, bersatu dan berbaur menjadi satu atap bersama di Tuababa.

“Nantinya, semua kegiatan adat dan budaya warga Tubaba dapat dilaksanakan di bangunan Sesat Agung ini. Sementara untuk Masjid Agung Islamic center, diberi nama Masjid Agung As-Shobur nantinya akan menjadi pusat kegiatan agama Islam yang menjadi agama mayoritas warga Tubaba,”kata Sayuti.

Foto: jalan di bawah air menuju
Sessat Agung Bumi gayo Ragem sai mangi wawai.

Terpisah, Artha seorang pengunjung dari kabupaten Lampung Utara mengapresiasi Keberadaan gedung balai adat di dekat masjid, menurut Artha, sudah pas. Lantaran kegiatan adat dan kebudayaan tidak boleh sampai melupakan ibadah kepada Allah.

Foto : Sessat Agung Bumi gayo Ragem sai mangi wawai Kabupaten Tubaba (bagian bawah depan)

“Jika ada kegiatan gawi adat, lalu masuk waktu salat, maka orang-orang bisa dengan mudah beribadah di masjid ini,” katanya.

Dia juga berharap aksara Lampung yang tertulis di gedung Sesat Agung Tulangbawang Barat bisa ditambah keterangan arti dalam bahasa Indonesia.

“Ini akan memberi penjelasan maknanya bagi masyarakat luar Lampung yang datang berkunjung,” ujar Artha yang tercatat sebagai Sarjana jebolan Universitas Lampung.(ADV/KMF).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Pemkab Tubaba Bahas Draft Pelimpahan Wewenang Kepada Camat

  Tampabatas.com(SMSI-lpg), Tulangbawang Barat (Tubaba).- Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat Nopriwan Jaya SP membuka Rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *