Home / ADVERTORIAL / UPAYA BUPATI UMAR AHMAD TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI

UPAYA BUPATI UMAR AHMAD TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Tanaman Sorgum merupakan tanaman alternatif pengganti beras. Selain berpotensi meningkatkan pendapatan petani, harga jualnya pun cukup menjanjikan.

Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat berniat akan mengembangkan dan memperluas tanaman Sorgum di Kabupaten setempat.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Lampung, yang juga Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad bertekad memperluas tanaman Sorgum tersebut.

Bupati meyakini, tanaman tersebut sangat berpotensi untuk meningkatkan pendapatan para petani, dikarenakan sorgum merupakan alternatif pengganti beras. Yang notabene sebagai kebutuhan primer masyarakat.

“Kita akan mencoba perluas tanaman Sorgum ini di Tubaba dengan cara lebih baik lagi, agar mampu menghasilkan produksi yang memuaskan utamanya bagi masyarakat petani,” kata Umar saat melakukan peninjauan lokasi tanaman Sorgum dilahan seluas 2 hektar di Tiyuh (Desa) Mercubuana, Kecamatan Way Kenanga, kabupaten setempat, pada Maret 2021.

Diketahui, tanaman yang mengandung karbohidrat itu, pertama kali dikelola oleh Samsul, warga Tiyuh (Desa) Mercubuana, Kecamatan Way Kenanga.

Samsul adalah selaku pemilik lahan sekaligus ketua tim Pesona pengembangan tanaman Sorgum setempat menceritakan, untuk pemasaran, saat ini pihaknya masih menjual hasil pertaniannya ke Bogor Jawa Barat dengan harga perkilo mencapai Rp.10 ribu.

Dia mengungkapkan, dalam satu hektar itu bisa maksimal mencapai 4 ton. Sementara menelan modal sampai panen hanya Rp.7,5 juta, namun kedepan tidak perlu pakai bibit lagi karena sudah tumbuh sendiri sampai 3 kali Panen dalam setahun.

“Untuk sekali panen Biomassa (Batang dan daun) mencapai 50 ton, namun kita ambil biji basah Sorgum hanya 5 ton. Sementara, berdasarkan pengalaman, panen pertama dan ketiga hasilnya sama, justru yang kedua itu lebih banyak hasilnya,” Jelasnya

Dijelaskannya tanaman Sorgum di Lampung seluruhnya mencapai 250 Hektar namun yang paling banyak di Tulang Bawang, Mesuji dan Lampung Timur.

“Saat ini kelemahan ada di bagian pemasaran karena lokasi jauh sehingga dana transportasi akan cukup banyak, Sementara untuk target pasar ini diutamakan lokal dan sebagian ke Jawa Barat, bahkan bulan ini untuk pakan ternaknya kita kontrak ke Jawa Tengah,” jelasnya.

Sementara Camat Way Kenanga kabupaten setempat Iskandar, bersedia membantu pemerintah untuk mencari lahan khusus penanaman Sorgum di wilayah setempat.

“Saya akan berkoordinasi bersama Kepala Tiyuh (Desa) dan masyarakat terkait perluasan lahan Sorgum ini, pastinya kami siap mendukung program pemerintah untuk masyarakat,” ungkap Iskandar. (ADV/KMF).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Pemkab Tubaba Bahas Draft Pelimpahan Wewenang Kepada Camat

  Tampabatas.com(SMSI-lpg), Tulangbawang Barat (Tubaba).- Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat Nopriwan Jaya SP membuka Rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *