Home / ADVERTORIAL / Langkah Zig-Zag Untuk Pembangunan Tiyuh Karta Lebih Maju
(Ket-Foto: Sudiyaman Kepalo Tiyuh Karta )

Langkah Zig-Zag Untuk Pembangunan Tiyuh Karta Lebih Maju

(Tampabatas.com(SMSI), Tulangbawang Barat (Tubaba).

Kemajuan suatu desa (Tiyuh) pasti menjadi dambaan setiap masyarakat yang menetap tinggal disana.

Namun untuk membuat desa (Tiyuh) lebih maju perlu pembangunan berbagai bidang yang tak mungkin dapat dilakukan secara bersamaan karena keterbatasan dana sehingga perlu langkah gerilya agar terus maju secara perlahan.

Hal itu diungkapkan Kepalo Tiyuh Karta Sudiyaman kepada Tampabatas.com di Tiyuh Karta pada beberapa waktu lalu.

Sudiyaman memaparkan, Tiyuh Karta masih sangat perlu untuk dibangun agar terus maju, seiring terus lajunya perubahan zaman yang juga menuntut pemikiran dan kerja keras agar tak tertinggal dengan Tiyuh lain Perlu adanya pembangunan meliputi, Bidang Kesehatan, pendidikan, transportasi, budaya dan ekonomi demi mencapai masyarakat yang maju sejahtera.

“Mengingat banyaknya bidang yang perlu untuk dibangun dengan keterbatasan dana maka perlu pertimbangan dengan melihat skala prioritas keperluan dalam masyarakat. Semua dipertimbangkan dalam musyawarah Tiyuh yang digelar pada perencanaan pembangunan.”terang Kepalo Tiyuh yang masih muda tersebut.

Dia menuturkan, pembangunan di Tiyuh Karta tidak mengutamakan kemegahan namun lebih mementingkan bangunan yang dapat mendongkrak kemajuan ekonomi sehingga dapat benar bermanfaat dan dirasakan masyarakat secara langsung.

(Ket-Foto: Rehab Kantor Tiyuh Karta)

“Dalam menyikapi pembangunan yang tak mungkin dikerjakan dalam satu tahun anggaran maka kami melakukan langkah zig-zag untuk terus berjalan maju dengan menentukan variasi pelaksanaan pembangunan secara berkesinambungan.” Ujarnya.

Sudiyaman mengungkapkan, Dana Desa Tiyuh Karta tahun 2020 kisaran 1,18 milyar rupiah. 35 persen dari dana tersebut dialokasikan untuk penanggulangan pandemi Covid-19, sedangkan yang lainnya digunakan untuk membangun berbagai fasilitas, Sumur Bor, Pagar Sekolah Taman Kanak- kanak Putri Bulan, Jalan, Penerangan jalan, gerasi, dan MCK.

(Ket-Foto: Pagar Bangunan Paud )

Kepalo Tiyuh (Desa,- red) merincikan, untuk pembangunan tiga titik sumur bor di Rk 01, 07 dan Rk 10 menelan biaya lebih dari 30 juta rupiah , Selanjutnya pembangunan pagar Sekolah Taman Kanak-kanak Putri Bulan menggunakan dana di atas angka 90 juta rupiah. Sedangkan untuk pembangunan perkerasan jalan sepanjang 70 meter dengan lebar 3 meter telah mengurangi Dana lebih dari 25 juta rupiah.

“Sisanya digunakan untuk penerangan jalan berupa 100 unit lampu yang semula direncanakan 250 unit, namun karena pengalihan dana untuk penanggulangan penyebaran virus Corona sehingga dikurangi 150 unit. Serta membangun fasilitas kantor Tiyuh berupa Fasilitas tempat parkir dan MCK, serta rehab Kantor Tiyuh.”terangnya.

(Ket-Foto: Lampu Penerangan Jalan Sepanjang Tiyuh Karta )

Lanjutnya, pembangunan tersebut banyak berfungsi mendongkrak ekonomi dan pendidikan masyarakat, walau demikian masih sangat banyak hal yang perlu diperhatikan untuk dibangun di Tiyuh Karta.

“Bidang Budaya, Pertanian, Perikanan, dan Wisata masih sedikit yang tersentuh, sehingga perlu pemikiran dan rencana matang pada pembangunan selanjutnya”. Pungkas Sudiyaman Kepalo Tiyuh Karta Kecamatan Tulangbawang Udik Kabupaten Tulangbawang¬†Barat (ADV)

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Kebijakan Anggaran Pemkab Tubaba APBD TA 2022 Berfokus Lima Poin

Tampabatas.com (SMSI-lpg), Tulangbawang Barat (Tubaba).- Rapat Paripurna Pembicaraan Tingkat I atas Raperda APBD Tahun Anggaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *