Home / BERITA BARU / KEBUN KARET DISENGKETA, PEKERJA: JANGAN JERAT KAMI DENGAN HUKUM

KEBUN KARET DISENGKETA, PEKERJA: JANGAN JERAT KAMI DENGAN HUKUM

Tampabatas.com, Lampung Utara.- Sengketa lahan perkebunan karet,yang terletak di Desa Mulang Maya Kotabumi Selatan, pekerja tidak tahu perkembangan atas hak kepemilikan.

Hal itu terungkap setelah perbincangan singkat Sanuri(35) bersama tampabatas.com pada Selasa 19/05/2020.

Sanuri mengatakan, dirinya dan pekerja yang lain telah sejak lama bekerja sebagai buruh di lahan perkebunan karet di Desa Mulang Maya Kecamatan Kotabumi Selatan atas perintah Bijai.

“Namun pada hari Jum’at(15/05/2020) kami ketahui kebun karet yang kami deres dalam persengketaan. Setelah ada beberapa orang mendatangi kami dan menyatakan kebun karet tersebut milik Pak Bahrum Sahalam.” Jelasnyanya

Menurut Sanuri(35) salah satu pekerja juga masyarakat di lokasi perkebunan tersebut mengatakan bahwa menurut informasi bahwa perkebunan karet seluas 21 hektar itu dalam sengketa.

“Kami selama ini bekerja menderes karet perkebunan tersebut atas perintah Pak Bijai bahkan hasil nya kami setorkan ke Pak Bijai. Setau kami kebun karet yang luasnya berkisar 21 hektare itu, mulai dari penanaman sampai bisa menghasilkan milik Pak Bijai karena upah kami bekerja dibayar oleh Pak Bijai.” Ungkapnya.

Dia menuturkan, dirinya tidak mengetahui bila kebun karet yang dideresnya telah disita bank atau dibeli Bahrum Sahalam.

“Kami enggak tau, kami hanya pekerja buruh untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, dan selama ini kami bekerja ngederes dan memelihara kebun karet itu, Pak Bijai yang membanyar upah kami.” Imbuhnya.

Harapnya, Untuk itu dirinya bermohon kebijakan kepada yang bersengketa agar dirinya dan pekerja lain tidak dilaporkan yang bersengketa ke penegak hukum karena dirinya benar tidak paham kalau kebun karet tempat mereka mencari sesuap nasi dalam keadaan sengketa.

“Kalau kami dipenjara, bagaimana anak dan istri kami makan, karena kami yang bekerja di sini untuk mencukupi kebutuhan makan keluarga.”keluhnya.

Sementara Bahrum Sahalam belum bisa dibubungi hingga berita ini diterbitkan.(Antoni)

SHER tampabatas

About admin

Check Also

TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0735/Surakarta Hari Ini Resmi Dibuka

Tampabatas.com(SMSI-lpg), Surakarta – Bertempat di Pendhapi Gedhe Komplek Balaikota Surakarta Jl. Jend. Soedirman No. 2 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *