Home / BERITA BARU / Desa Berinovasi Siap Majukan Indonesia
Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah pada Festival Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera Astra 2020

Desa Berinovasi Siap Majukan Indonesia

Tampabatas.com

JAKARTA.-

Pandemi COVID-19 tidak hanya memengaruhi berbagai sektor usaha di Indonesia, tetapi juga berdampak terhadap jumlah tenaga kerja dan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia.

Menurut data yang dipublikasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020, dari jumlah angkatan kerja di Indonesia mencapai 138,22 juta orang, sebanyak 9,77 juta orang adalah pengangguran. Jika dibandingkan dengan posisi Agustus 2019 yang mencapai 7,10 juta orang, jumlah pengangguran pada Agustus 2020 meningkat 37,61%.

“Melalui program KBA dan DSA, Astra dapat meningkatkan tenaga kerja baru lebih dari 11.000 orang, dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat lebih dari 36%. Pencapaian tersebut merupakan kolaborasi hebat antara pemerintah, swasta, universitas, dan stakeholders lainnya, dan tak kalah penting adalah tokoh penggerak wilayah masingmasing,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Ket-foto , Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Samsul Widodo (tengah atas), Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti (kanan atas), penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2020 kategori kelompok Muhammad Aria Yusuf (kanan bawah), Co Founder & CCPO Du Anyam Hanna Keraf (tengah bawah) serta moderator sekaligus Insan Astra YouTuber Dewi Paramita (kiri) pada acara talkshow bertema Desa Berinovasi, Siap Majukan Indonesia pada hari ini (5/12).

Peningkatan jumlah tenaga kerja baru tersebut diharapkan dapat berkontribusi membantu mengurangi jumlah pengangguran di seluruh Indonesia. Astra melalui program kontribusi sosial berkelanjutan, yakni Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA), senantiasa melakukan pengembangan masyarakat di pedesaan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Hingga saat ini Astra telah membina 116 KBA dan 755 DSA di 34 Provinsi Indonesia.

KBA merupakan suatu daerah dengan lingkungan bersih, hijau dan dihuni oleh masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. Hal tersebut mencerminkan empat pilar kontribusi sosial Astra berkelanjutan yakni kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan yang dapat menjadikan kampung tersebut menjadi wilayah mandiri.

Pada tahun 2018, Grup Astra bersama Yayasan Astra melengkapi program KBA dengan program DSA. Program ini lebih memfokuskan pada pengembangan ekonomi desa. Dengan berupaya memberikan nilai tambah, melalui pelatihan, pendampingan, bantuan prasarana, permodalan, dan pencarian offtaker pada produk unggulan kawasan pedesaan. KBANOVATION 2020 Bertepatan dengan Hari Kerelawanan yang jatuh pada (5/12) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (20/12) Astra menginisiasi Festival KBA & DSA secara virtual dengan tema Desa Berinovasi, Siap Majukan Indonesia.

Festival tersebut dihadiri Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDTT RI Samsul Widodo, penerima Apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2020 kategori kelompok Muhammad Aria Yusuf serta Co Founder & CCPO Du Anyam Hanna Keraf. Sebagai bentuk apresiasi tertinggi bagi kampung, desa dan kader penggerak KBA dan DSA binaan.

Astra mengumumkan KBA dan DSA terbaik di tahun ini melalui KBANNOVATION kepada tiap-tiap kategori sebagai berikut:

Pemenang Kategori KBA:
1.KBA Kemuning Binaan koordinator wilayah Yogyakarta2.
3. KBA Kambitin Raya Binaan PT. Pamapersada Nusantara Distrik Adaro KBA Pekayon Bekasi Pemenang Kategori DSA: 1. DSA Ketapan Rame, Jawa Timur 2. 3. DSA Patok Picis, Jawa Timur DSA Buru Maluku, Maluku Pemenang Kategori Duta KBA/DSA: 1. Deden Syarif Hidayat – KBA Ecovillage Cidadap Binaan Astra Honda Motor 2. 3. Ashari Sarmedi – KBA Laliko Polewali Mandar Eman Suherman – DSA Banjaran Jawa Barat Penghargaan Kategori Khusus: Peningkatan Penjualan Tercepat dan Bertahan di Tengah Pandemi COVID-19: 1. DSA Sambik Elen, Lombok Utara Penghargaan Kategori Khusus: Inovasi Produk Unggulan Terbaik: 1. DSA Purwabakti, Bogor Jawa Barat Apresiasi kepada kampung, desa dan tokoh penggerak program KBA dan DSA sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa. Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi: Boy Kelana Soebroto Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Telp. 021-508-43-888 Tentang Astra: PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti. Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 236 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 190.087 karyawan, berdasarkan data September 2020. Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 397 anak muda, yang terdiri dari 70 penerima tingkat nasional dan 327 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 116 Kampung Berseri Astra dan 755 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@SATU_Indonesia), YouTube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Tak Ada Kata Libur Babinsa Tetap Himbau Prokes

Tampabatas.com (SMSI-lpg), Boyolali.- Babinsa Winong Koramil 01 Boyolali Kodim 0724 Boyolali Serka Oko Sutejo dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *