Home / BERITA BARU / Bupati Budi Utomo Sambut Kunker Riana Sari Arinal di Destinasi Way Tebabeng

Bupati Budi Utomo Sambut Kunker Riana Sari Arinal di Destinasi Way Tebabeng

Tampabatas.com (SMSI-lpg),
Lampung Utara.- – Kunjungan Kerja (Kunker) Ketua TP-PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal beserta jajaran pengurus ke Kabupaten Lampung Utara terpusat di Taman Wisata Way Tebabeng, Desa Jagang, Kecamatan Blambangan Pagar, Rabu 15/12/2021.

Rombongan disambut langsung Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M., Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara Hj. Nur Endah Sulastri Budi Utomo, S.E., M.M., beserta jajaran Pengurus, Sekretaris Daerah Drs. H. Lekok, S.E., M.M., dan para Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Acara diawali dengan melakukan kegiatan Senam Lampung Berjaya bersama di jalur utama Taman Wisata Way Tebabang yang dikoordinir oleh Perwosi Provinsi Lampung bekerjasama dengan Perwosi Kabupaten Lampung Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M., mengucapkan terima kasih yang sebesarnya atas kunjungannya di Bumi Ragem Tunas Lampung karena menambah semangat dan motivasi dalam membangun Kabupaten Lampung Utara, terutama dalam hal Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Hal ini mengingat PKK merupakan salah satu gerakan yang memberdayakan peran perempuan dalam rangka membangun keluarga yang sejahtera dalam rangka menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Karena itulah keluarga, khususnya bagi kaum perempuan perlu memperoleh pendampingan, pembinaan dan pemberdayaan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga melalui sebuah gerakan terpadu dan terintegrasi dengan program layanan KB, PAUD, gerakan Literasi, program Dekranasda, Perwosi, PMI, YJI, LKKS, dan sebagainya.

“Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah memberikan dukungan terhadap berbagai program kegiatan yang dilaksanakan PKK Kabupaten Lampung Utara. Kegiatan PKK yang terintegrasi dengan program KB mampu menekan laju pertumbuhan penduduk. Kegiatan PKK yang bekolaborasi dengan program Dekranasda dapat mendorong pengembangan UMKM, Koperasi, dan menciptakan usaha ekonomi kreatif,” ujar Bupati.

Kegiatan PKK melalui Dasawisma dan Posyandu juga mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup, termasuk di dalamnya ada peran dalam penanganan balita dan Pendidikan Anak Usia Dini. PKK juga mendorong tumbuhnya minat baca dan budaya membaca bagi anak-anak dan keluarga agar menjadi masyarakat yang literat.

Disektor kesehatan, sambung Bupati, PKK melalui kolaborasi dengan Yayasan Jantung Indonesia dan Perwosi, juga mendorong masyarakat untuk membudayakan olah raga yang sehat. Karena dengan hidup sehat maka keluarga dapat semakin produktif, sehingga kesejahteraannya pun juga semakin meningkat.

Tidak kalah penting juga adalah membudayakan hidup gotong-royong, serta menanamkan dan mengamalkan jiwa sosial dan kemanusiaan. Berbagai kegiatan PKK yang berkolaborasi dengan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial atau LKKS, dan Palang Merah Indonesia atau PMI, juga semakin memberikan daya dukung terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga.

Bupati menyadari bahwa dalam memberikan dukungan terhadap program PKK ini tentu Pemerintah Kabupaten Lampung Utara masih belum bisa maksimal. Ibarat peribahasa Tak ada gading yang tak retak, maka begitupun dengan kami, sebagai penyelenggara pemerintahan daerah tentu memiliki keterbatasan,” ujar Bupati.

“Karena itu melalui kesempatan yang baik ini, dengan tidak mengurangi rasa hormat, kiranya kepada Ibu Riana Sari Arinal dapat memberikan perhatian yang lebih kepada Kabupaten Lampung Utara agar Kabuapaten Lampung Utara dapat semakin memberikan daya dukung terhadap kemajuan Provinsi Lampung,” tandas Bupati.

Pada Kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Ketua TP-PKK Kabupateb Lampung Utara yang telah memfasilitasi kegiatan Kunker ini dalam rangka pembinaan organisasi.

Menurutnya, Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang luar biasa bagi masuarakat. Selain mengancam jiwa, juga berdampak terhadap ekonomi dan sosial. Diantaranya, anak-anak kehilangan orang tua, penghasilan ekonoki keluarga yg menurun, serta meningkatnya kasus kekerasan perempuan dan anak.

“Kegiatan yang mengangkat tema Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan
mengingatkan kita semua agar gerakan PKK mampu menginisiasi perubahan masyarakat ke arah yg lebih baik, terutama di masa pandemi ini,” kata Riana Sari Arinal.

Menurutnya, Kunker ini untuk melaksanakan pembinaan organisasi Untuk itu, Ketua TP-PKK Provinsi Lampung itu meminta agar Lembaga koordinasi sosial agar sudah dibentuk kepengurusanya. Selain itu, persatuan wanita olahraga diminta untuk melakukan pendampingan atlet wanita berprestasi.

Kemudian, Yayasan Jantung Indonesia agar memsyarakatkan dan mengkampanyekan hidup sehat. Kemudia ada pemeriksaan kesehatan scara berkala. PMI juga harus berperan aktif meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi.

“Terimakasih juga saya sampaikan atas peran aktif organisasi dan dukungan penuh dari bapak Bupati Lampung Utara. Saya juga ingatkan bahwa Pandemi belum berakhir sehingga kita harus tetap disiplin. Tetap semanga, lindungi diri dan keluarga untuk Lampung Berjaya. Semoga kita mampu melewati pandemi ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Kunker itu juga dilakukan Penyerahan bantuan dari Ketua TP-PKK Provinsi Lampung untuk Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Al Falah, bantuan buku baca, untuk ibu hamil dan balita, bantuan bibit ikan, bantuan anak korban Covid-19, dan bagi Pengrajin Tapis. Bahkan ada juga bantuan dari Dekranasda Lampung Utara, bantuan PAUD Lampung Utara, bantuan untuk Perpustakaan Desa, untuk masyarakat tidak mampu, lansia, dan disabilitas, hingga bantuan PMI. (Diskominfo Lampura).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Klinik An-Nissa Tidak Luput Jadi Incaran PPKM Bati Bakti TNI

Tampabatas.com (SMSI-lpg),- Surakarta, Bati Bakti TNI Koramil 03/Serengan Kodim 0735/Surakarta Serma Fitalis Erwan melakukan langkah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.