Home / BERITA BARU / Wali Murid Pertanyakan Dana PIP MIN.07 Kotabumi

Wali Murid Pertanyakan Dana PIP MIN.07 Kotabumi

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Lampung Utara (Lampura).-
Program Indonesia Pintar (PIP) adalah bantuan uang tunai dari pemerintah kepada siswa dan anak usia sekolah (6 – 21 tahun) dari keluarga miskin dan rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Program ini ditujukan Untuk membantu biaya operasional pendidikan siswa yaitu untuk kebutuhan,  membeli buku dan alat tulis, membeli pakaian seragam sekolah/praktik dan perlengkapan sekolah (sepatu, tas, atau sejenisnya), membiayai transportasi siswa ke sekolah, uang saku siswa, biaya kursus/les tambahan, biaya praktik  tambahan dan magang.

Besaran biaya PIP, siswa penerima dana PIP sebanyak 1 kali dalam 1 tahun anggaran/ tahun kalender, bukan tahun pelajaran. Tingkat SD menerima Rp. 450.000/tahun kalender kecuali pada jenjang awal dan akhir yaitu sebesar Rp. 225.000.

Tingkat SMP Menerima Rp. 750.000/tahun kalender kecuali pada jenjang awal dan akhir yaitu sebesar Rp. 375.000.

Tingkat SMA/SMK Menerima Rp. 1.000.000/tahun kalender kecuali pada jenjang awal dan akhir yaitu sebesar Rp. 500.000. Dapat juga dikatakan bahwa siswa SMA penerima PIP menerima bantuan Rp. 500.000/semester tahun pelajaran, baik untuk program 3 tahun maupun 4 tahun

Adanya keluhan dari orang tua siswa mengenai dana PIP, mereka menanyakan sebenarnya bantuan PIP tersebut jumlah uang yang diterima berapa dan berapa kali mereka menerima selama anak mereka sekolah, ujar ibu Asih kurnia wati salah satu wali murid SD MIN 7.

Ibu Asih kurniawati orang tua dari Rida putri andrean menjelaskan bahwa selama sekolah di SD MIN7 anaknya hanya dua kali saja menerima bantuan PIP yang pertama tanggal 29 Okt 2019 sebesar Rp. 450.000,- dan yang kedua tanggal 02 Juni 2020 sebesar Rp. 225.000,-.pengambilan langsung dibank BRI.

Hal yang sama dialami juga oleh Ibu Elyana wati orang tua khairunizam Habibi, warga desa Mulang Maya, mereka menjelaskan selama anak mereka sekolah di SD  MIN 7,  anaknya hanya menerima bantuan PIP dua kali saja menjelang kelulusan, pertama tanggal 05 November 2019 sebesar Rp. 450.000,- dan kedua tanggal 2 Juni 2020 Rp. 220.000,- saja karena menurut pihak Bank BRI saldo tidak boleh kosong harus ada sisa minimal Rp. 5.000,-.

Saat ini Rida putri andrean dan Khairulnizam sudah duduk dibangku  SMP,  berarti bantuan PIP yang anak mereka terima selama di SD MIN7,  hanya dua kali saja, harusnya untuk bantuan tersebut dari kelas satu sampai kelas empat ada juga, tidak hanya dua kali saja menjelang kelulusan kelas lima dan enam ujar Elyana wati orang tua dari Khairulnizam.

Dari informasi tersebut kru kemudian menemui kepala sekolah SD MIN7  Pak Upi Jupri,. S.Ag,. M. Pd. I. Untuk klarifikasi atas keluhan dari beberapa wali murid terkait PIP di MIN7.
“Sebenarnya PIP itu pusat yang menentukan pihak sekolah hanya mengajukan saja nama-nama siswa, keputusan yang menerima atau tidak menerima bantuan tersebut yang memutuskan pusat.” jelas Pak Upi Jupri.

Terpisah, Kasi pendidikan madrasah H. Tarmizi,. S. Ag,. MM, menjelaskan bahwa program PIP itu sepenuhnya pihak sekolah lah yang mengelola Karena KEMENAG hanya sebatas koordinasi saja dengan pihak sekolah.

“Bila ada ditemukan oknum sekolah bermain-main dengan program PIP ini jangan ragu sikat saja”.tegasnya. (Iqbal).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

DPD PGK Ucapkan Selamat HUT Lamteng Ke 75 Dan Untaikan Harapan

Tampabatas.com(SMSI-lpg), LampungTengah (Lamteng).- Di hari lahir Kabupaten Lampung Tengah, yang ke 75 tahun, Dewan Pengurus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *