Home / BERITA BARU / Ramadhan Kini Kotabumi Selatan Tergenang Banjir

Ramadhan Kini Kotabumi Selatan Tergenang Banjir

Tampabatas.com, LAMPUNG UTARA.- Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak Kecamatan, Sekira 47 rumah warga di beberapa Kelurahan yang tersebar di Kecamatan Kotabumi Selatan tergenang air hingga Selasa malam 05/05/2020.

Berdasarkan pantauan dilapangan beberapa titik yang sering menjadi langganan banjir tiap tahunnya antara lain di Kelurahan Kota Alam, Tanjung Harapan, Tanjung Aman, Kelapa Tujuh dan Desa Mulang Maya.

Banjir tidak hanya menggenangi rumah warga, namun memutus akses jalan yang berada dekat dengan aliran sungai disana, contohnya Jembatan Way sesah hingga terputus jalur transportasi masyarakat disana.

“Ya ada beberapa titik yang terpantau banjir, meski hujan tidak turun karena kiriman dari hulu. Ini saya juga lagi diatas perahu daerah Rawa Karya, Kota alam, ” ujar Camat Kotabumi Selatan, Sari Husin melalui telepon

Menurutnya, kejadian naiknya debit air ketika petang tiba, sementara di tempat kejadian hujan turun saat malam sebelumnya hingga pagi. Namun saat sore hujan telah reda, debit air semakin meninggi. Sehingga mereka berasumsi itu akibat dibukanya pintu air Bendungan Way Rarem yang berada di hulu.

“Sebab, walau di sini tidak hujan namun genangan air banjir mencapai kedalaman lebih dari 1 meter, dan banjir sudah menjadi langganan, hampir setiap tahun. Setahun ini saja, paling tidak sudah dua sampai tiga kali, “tambahnya.

Sementara, beberapa warga menjelaskan debit air meluber hingga kedalam rumah. Seperti yang ada di Tanjung Alam Permai, Rt/Rw 014/005 Kelurahan Kota alam, ketinggian air hingga mencapai diatas paha orang dewasa.

“Air cukup tinggi, hingga seluruh lantai dirumah kami terendam. Itu pun cukup dalam, belum lagi jalan yang berada didaerah kami juga terendam air sehingga tak dapat dilalui karena genangan air hampir 1 m tingginya. Semoga malam ini air kembali surut, karena sedang bulan puasa, kami sekeluarga ingin sahur subuh nanti,” harap Yuni yang rumahnya terendam banjir. (Rudi)

SHER tampabatas

About admin

Check Also

FKPPI 1135/Surakarta Bersama Koramil 01/Laweyan Berbagi Takjil Dan Masker Jelang Buka Puasa

Tampabatas.com(SMSI-lpg), Surakarta.- Untuk mengisi kegiatan di bulan suci ramadan serta meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *