Home / BERITA BARU / PIP Tidak Dibagikan Siswa Terancan Dan Telah Putus Sekolah

PIP Tidak Dibagikan Siswa Terancan Dan Telah Putus Sekolah

Tampabatas.com(SMSI),
Tulang Bawang(Tuba).-
Program Indonesia Pintar (PIP)
di Kabupaten Tulang Bawang tak sampai kepada yang membutuhkan, seperti halnya dialami Herdi, salah satu murid Sekolah Dasar (SD) yag berada di Kecamatan Rawa Ragil Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Rabu 28/10/2020.

Herdi adalah siswa yang orang tuanya tergolong miskin dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH), dimana saat ini Herdi tinggal bersama kakeknya yang  pekerjaannya sebagai petani.

Saat ditemui tampabatas.com dikediamannya beberapa waktu lalu, kakek Herdi, Safe’i menyampaikan keluh kesahnya, cucunya yang tidak pernah mendapat bantuan PIP dari sekolah. Sambil menunjukan selembar kartu berwarna biru yang bertuliskan Kartu Indonesia Pintar atas nama cucunya (Herdi).
“Apakah kartu itu sudah tidak berlaku lagi untuk cucu saya?”tanya Syafei.

Dia mengungkapkan,Dari awal bersekolah hingga ahirnya memutuskan berhenti dikelas 3 SD karena tidak ada biaya, beliau mengatakan selama ini belum pernah menerima manfaat dari KIP tersebut.

“Biaya yang membebani saya adalah pembelian buku sekolah yang harganya mencapai Ratusan Ribu.”sebut Syafei

Kakek itu mengeluhkan, hal dirasakan sangat berat, terlebih lagi ketika jaman susah seperti saat ini jangankan untuk membeli buku, untuk makan sehari-hari saja sudah kewalahan.

Dari data yang dapat dirangkum tampabatas.com,
Bukan hanya Herdi yang  tidak pernah menerima manfaat dari KIP, hal serupa juga dialami Hera Abelia, siswa SMA di Kecamatan Gedung Aji.

KIP merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan dari pemerintah, kepada anak usia sekolah (6-21 tahun), sasaran dari program tersebut adalah berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Dengan diluncurkannya PIP, tentunya pemerintah berharap agar tidak ada lagi anak  bangsa yang putus sekolah dengan alasan tidak ada biaya.

Namun kenyataannya, masih ada anak-anak bangsa ini yang tidak sekolah dengan alasan tidak ada biaya. Bukan berarti anak tersebut tidak mendapat bantuan PIP, tetapi, PIP yang seharusnya diterima malah tidak disalurkan oleh pihak sekolah. Hingga berita ini diturunkan, Pihak Sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang belum bisa dikonfirmasi.(Igbal).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Babinsa Koramil 03/Ngadirojo Aktif Dampingi Tim Kesehatan Laksanakan Tracing

Tampabatas.com(SMSI-lpg), Wonogiri – Upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 terus menerus dilaksanakan tanpa henti, berbagai upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *