Home / ADVERTORIAL / PENUHI HASRAT MASYARAKAT DISDUKCAPIL TUBABA LUNCURKAN PETERPAN

PENUHI HASRAT MASYARAKAT DISDUKCAPIL TUBABA LUNCURKAN PETERPAN

Foto: Bupati Tulangbawang Barat, Hi.Umar Ahmad,SP

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Terdorong adanya keinginan Bupati Umar Ahmad agar memberikan yang terbaik untuk warga Kabupaten Tulangbawang Barat, maka terciptanya program PETERPAN di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tubaba.

“Dan karena saya terinspirasi suatu film anak-anak tempo dulu yang berjudul Peterpan, dalam peran film itu seorang Peri selalu berbuat baik, maka saya jadikan nama program yanh telah kami buat.”ujar Hariyanto Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tubaba di ruang kerja pada April 2021.

Hariyanto menerangkan, masyarakat pastinya menginginkan urusan cepat dan mudah, maka program Peterpan merupakan pendukung program e-smile dan CS Dukcapil, agar administrasi Kependudukan warga Kabupaten Tulangbawang Barat dapat terlengkapi dengan mudah.

Foto:Drs.Ahmad Hariyanto, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tulangbawang Barat.

“Dengan progaram inovasi terbaru yaitu PETERPAN ( Pelayanan Terpadu All In One ), dengan program ini masyarakat bisa mendapatkan dokumen kependudukan secara komplit hanya dengan satu proses. Cukup lengkapi persyaraktan, fotocopy KTP  suami & istri, fotocopy buku nikah, surat keterangan lahir dari dokter/bidan/fasilitas kesehatan lainnya) masyarakat sudah bisa mendapatkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), dan Akte Kelahiaran,”urainya.

Kepala Dinas mengungkapkan, Warga masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil, data bisa dikirim melalui jaringan online dari rumah atau ke Kantor Tiyuh (Desa,-red) dan akan dilayani operator Tiyuh untuk mengirim data.


“Bila data telah terkirim, maka kami akan memverifikasi,
dalam proses verifikasi bila ditemukan administrasi masyarakat belum lengkap, akan sekaligus kami lengkapi bila proses telah selesai maka warga dapat mencetak sendiri seluruh administrasi yang diperlukan,”jelasnya.

Hariyanto menegaskan, untuk pembuatan KTP harus terlebih dahulu dilakukan perekaman, dan hal itu tidak dapat dilakukan di rumah tetapi perlu dilakukan oleh petugas Disdukcapil.


PETERPAN ( Pelayanan Terpadu All In One ) sudah bisa dipakai oleh masyarakat Tulangbawang Barat sejak 01 februari 2021. Menggunakan pelayanan ini yakni dengan mengakses aplikasi e-smile ,”ujarnya dengan senyum.

Hariyanto mengatakan, untuk mengurus dokumen yang diperlukan, cukup masukkan persyaratan yang dibutuhkan ke dalam aplikasi e-smile. Ini alamat aplikasinya bisa mengakseslink aplikasi atau website https://e-smile.tulangbawangbarat.go.id/”. Pungkasnya. (ADV).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Bupati Umar Ahmad Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Jami’ Di Panaragan

  Foto : Bupati Umar Ahmad letakkan batu pertama pembangunan masjid Jami’ Tampabatas.com(SMSI-lpg), Tulangbawang Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *