Home / ADVERTORIAL / Menuju Taman Sorga Tiyuh Kartaraharja Disapa Indahnya Lampu Jalan

Menuju Taman Sorga Tiyuh Kartaraharja Disapa Indahnya Lampu Jalan

Tampabatas.com(SMSI), Tulangbawang Barat (Tubaba).-

Taman Sorga adalah bangunan unik yang kini juga menjadi satu diantara tempat kunjungan wisata lainnya di Kabupaten Tulangbawang Barat.

Taman Sorga nampak indah dan telah menjadi penghias di Tiyuh Kartaraharja Kecamatan Tulangbawang Udik.

Taman Sorga, ketika kalimat itu terdengar tentunya terbayang akan keindahan Syurgawi, namun di sini Taman Sorga sedikit terpeleset dari apa yang menjadi angan pembaca. Sebab nama Taman Sorga dimaksudkan adalah Taman Sarana Olah Raga.

Walau kalimat Taman Sorga tidak menyandang apa yang terlukis di dalam hati, namun setidaknya bentuk unik dan keindahan yang tersedia akan sedikit mengobati kekecewaan bila berkunjung dan melihat secara langsung Icon Taman Sorga.

Icon (tempat kunjungan wisata) Taman Sorga di Kabupaten Tulangbawang Barat yang tepatnya adalah sebagai ID(Maskot) Tiyuh Kartaraharja,Icon tersebut adalah himpunan 22 bangunan pilar yang membentuk garis gelombang,Cukup indah bila menjadi tempat berselfi (berswafoto) atau berfoto bersama sahabat dan handai taulan karena didukung dengan hijaunya rerumputan yang terhampar.

Selain ID(Maskot) Tiyuh, tak kalah menarik keindahan lampu penerang jalan yang berjajar di sepanjang pinggiran jalan tepatnya di Suku(Rk) satu, terbuat dari bahan yang cukup baik, dengan sajian paduan warna yang menarik, dan bentuk yang menggelitik, sehingga menampakkan pemandangan yang apik , Yang seakan menyambut setiap yang datang dengan ramah.

(KET FOTO : Rudiyanto (kemeja putih dekat tiang lampu, membelakangi kamera) Kepalo Tiyuh Kartaraharja sedang meyaksikan lampu penerang jalan)

Rudiyanto Kepalo Tiyuh Kartaraharja mengungkapkan, lampu penerang jalan yang telah terjajar 105 unit di Suku satu akan dilanjutkan pada tahun berikutnya secara berkelanjutan sehingga seluruh wilayah Tiyuh mendapat lampu penerang jalan.

“Untuk perawatan lampu jalan bila mengalami kerusakan pada boklam, maka kami perangkat Tiyuh yang akan mengganti dengan boklam yang baru.” jelasnya.

Dia memaparkan, Bangunan ID Tiyuh dan lampu penerang jalan tersebut dibangun menggunakan Dana Tiyuh(Desa) tahun 2020.
Dana Tiyuh Kartaraharja tahun 2020 Selain digunakan untuk membangun Maskot Tiyuh dan lampu jalan, juga diperuntukkan membangun bangunan lain sesuai hasil musyawarah Tiyuh.

“Demi menunjang komunikasi di Tiyuh Kartaraharja, kami menggunakan Dana Tiyuh untuk pengadaan wifi dengan yang kami tempatkan di Balai Tiyuh yang dapat digunakan warga dengan jarak jangkau pengguna 50 meter hingga seratus meter.”Urainya.

Lanjut Rudi, untuk menopang kelancaran transportasi, Dana Tiyuh juga dialokasikan guna membuka badan jalan di Suku 08 dengan lebar 6 meter dan panjang 90 meter ditambah lagi dengan galian siring saluran air hujan pada dua sisi sepanjang jalan tersebut.

“Terpisah, di Suku 07 juga dibangun gorong-gorong plat berukuran kedalaman 60 cm, lebar 60 cm dan panjang 5 meter. Karena sangat diperlukan untuk pembuangan air hujan agar tidak merusak badan jalan.” Jelasnya

Rudi menuturkan, Yang tak kalah pentingnya demi menopang ekonomi masyarakat, Dana Tiyuh digunakan untuk penanggulangan dampak penyebaran virus corona. Tahap pertama diberikan kepada sebanyak 152 Kepala Keluarga diberi bantuan dan tahap kedua untuk 15 Kepala Keluarga.

(KET – FOTO : Kantor Tiyuh Kartaraharja Kecamatan Tulangbawang Udik)

“Di Tiyuh Kartaraharja masih sangat banyak yang harus dibangun meliputi sumberdaya manusia dan fisik Tiyuh, sehingga masih sangat perlu adanya perhatian, sumbang saran dan keterlibatan berbagai pihak”.terang Rudiyanto Kepalo Tiyuh Kartaraharja.

Diketahui jumlah Dana Tiyuh Kartarharja Rp.925.679.000,- (Sembilan ratus dua puluh lima juta enam ratus tujuh puluh sembilan ribu rupiah). (*)

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

PARIPURNA PERESMIAN PENGANGKATAN  PAW ANGGOTA DPRD TULANGBAWANG BARAT

Tampabatas.com (SMSI-lpg), Tulangbawang Barat (Tubaba).- Sekdakab Tulangbawang Barat Novriwansyah menghadiri jalannya Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *