Home / BERITA BARU / Pamsimas Berkah Untuk Masyarakat Tiyuh Makarti

Pamsimas Berkah Untuk Masyarakat Tiyuh Makarti

 

Foto: ketika dilakukan uji kelayakan (dok. KKM).

Tampabatas.com (SMSI-lpg),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Realisasi fisik pembangunan Pamsimas tahun 2020 Tiyuh Makarti melebihi Rencana dan tidak memungut swadaya dari masyarakat karena tidak ingin memberatkan masyarakat.

Hal itu dikatakan Arman Arif Koordinator KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) Tiyuh Makarti, Pamsimas (Penyediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat). Tiyuh Makarti Kecamatan Tumijajar di Kantor SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Kabupaten Tulangbawang Barat, pada Senin 30/05/2022.

Arman mengatakan, pelaksanaan pembangunan fisik Pamsimas di Tiyuh Makarti pada tahun 2020 realisasinya tidak menyalahi rencana.
“Bahkan fisik pembangunan yang telah direalisasikan itu melebihi ketentuan pada RAB (Rencana Anggaran Biaya) pelaksanaan,”ungkapnya.

Dia menguraikan, diantara realisasi fisik yang melebihi RAB ada beberapa hal, pipa air saluran dari rumah ke rumah untuk masyarakat telah melebihi sepanjang kisaran 200 meter, yang seharusnya hanya 1200 meter namun realisasinya telah melebihi. Kran, meteran air setiap rumah sebanyak 60 unit juga diberikan gratis untuk masyarakat, yang seharusnya dana dipungut dari swadaya masyarakat, namun pihaknya tidak mau memberatkan masyarakat sehingga tidak memungut biaya swadaya masyarakat.

“Pada saat pelaksanaan pembangunan Pamsimas tersebut diawasi oleh pihak yang terkait, bahkan telah adanya uji kelayakan dari Petugas Balai Besar Provinsi Lampung, setelah dianggap layak maka pekerjaan diterima oleh pihak Balai Besar PUPR Provinsi Lampung,”terangnya. (*)

 

 

 

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Koramil Sambi Bantu Petani Binaan Kendalikan Hama Tanaman Padi

Tampabatas.com (SMSI-Lampung), Boyolali.- Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. melalui Plh Danramil 10/Sambi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.