Home / BERITA BARU / LEMBAH TURE TUBABA ? YOK BERKUNJUNG KE SANA…!

LEMBAH TURE TUBABA ? YOK BERKUNJUNG KE SANA…!

Tampabatas.com (SMSI-Lampung),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Menuju Tubaba Kembali ke masa depan, mendorong lahirnya inspirasi dari masyarakat untuk membantu Pemerintah dalam program memperkenalkan dan membangun destinasi wisata di Kabupaten Tulangbawang Barat, Selasa (10/01/ 2023).

Kini di Tulangbawang Barat terdapat destinasi wisata Lembah Ture yang menjanjikan tempat tujuan wisata yang cukup indah dan menarik. Lembah Ture, atau dikenal dengan lembah kebaikan adalah merupakan kawasan objek wisata terbaru yang ada di Kabupaten Tulangbawang Barat tepatnya di Tiyuh Panaragan Jaya Utama Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Untuk ke sana, dari tugu pasar Panaragan Jaya kita menuju arah di mana matahari tenggelam, kisaran dua ratus meter dari tugu tersebut tepatnya pada hitungan gang ke empat kita belok ke kanan mengikuti jalan gang aspal sepanjang kisaran seratus meter maka akan jelas terpampang di hadapan kita destinasi wisata yang eksotis, Lembah Ture.

Kita akan disambut dengan suguhan tempat parkir kendaraan yang cukup menawan dengan tarif parkir hanya lima ribu rupiah untuk kendaraan roda empat sedangkan roda dua hanya tiga ribu rupiah. Di bagian dalam tempat wisata tersebut tersaji pemandangan alam yang cukup indah, nampak rerumputan terhampar hijau bagai gelaran permadani, belum lagi jalan yang mengular menyusuri pinggiran tebing, hingga bernuansa daerah pegunungan.

Susunan batu alam yang dijadikan tatakan untuk menyusuri jalan menanjak dan menurun yang tertata cukup baik dan berserak tak beraturan juga menjadi sajian untuk dinikmati pandangan pengunjung ketika berkeliling. Pepohonan dengan berbagai ukuran tak mau tertinggal untuk menyapa dengan kesejukan, sesekali masih juga terdengar kicau burung yang turut menyokong nuansa alami.

Kawasan objek wisata Lembah Ture diketahui merupakan milik pribadi seorang warga Tubaba seluas 4 hektar. Area tersebut konon merupakan perkebunan karet dan tumbuhan ilalang dengan keadaan lokasi kelokan tebing yang agak terjal mengapit aliran sungai kecil kini telah disulap menjadi salah satu objek wisata yang cukup indah dipandang mata dan bisa dinikmati oleh Masyarakat.

Sosok pria ramah asal Tiyuh Way Sido Kecamatan Tulangbawang Udik bernama Salamun, pria penuh dengan gagasan dan berjiwa seni, mencoba merubah perkebunan karet yang dikelilingi Tulung (rawa) menjadi objek wisata Lembah Ture.

Sejak kepemimpin H. Umar Ahmad hingga saat ini, dia masih dipercaya untuk berperan aktif dalam menyulap tempat yang bukan bukan, menjadi lebih indah dan menarik untuk dikunjungi. Selain taman Lembah Ture seperti tempat wisata Rumah Baduy, taman Tunas Garuda, Uluan Nughik serta pertamanan yang ada di Tiyuh.

Proses tahap pengerjaan Lembah Ture tersebut hingga kini masih terus dilakukan pengerjaannya karena masih ada penambahan fasilitas pembangunan seperti cafe, mushola, toilet, kolam renang.
Objek wisata ini juga akan dilengkapi dengan berbagai sarana hiburan seperti sepeda bebek, flying fox, dan wahana air terjun buatan. Lembah Ture disajikan untuk para pengunjung dari luar daerah maupun domestik, objek wisata lembah Ture memang terbuka untuk umum. (Dam/Tim SMSI Tubaba).

 

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Besuk Warga Yang Sakit, Wujud Kepedulian Babinsa

Tampabatas.com (SMSI-Lampung), Sragen, Pelaksanaan Komsos merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.