Home / ADVERTORIAL / KATA YANG TELAH DIKUKUHKAN DI TUBABA

KATA YANG TELAH DIKUKUHKAN DI TUBABA

Foto: Novriadi, Kasubbag Perundang-undangan Bagian Hukum Pemkab Tubaba.

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat telah menetapkan slogan dan lambang yang baku untuk Kabupaten tersebut. Hal ini diharapkan bisa diketahui oleh masyarakat khususnya warga Tulangbawang Barat.

Penetapan itu dikatakan Novriadi, Kasubbag Perundang-undangan, mendampingi Kabag Hukum Pemkab Tulangbawang Barat Budi Sugianto.

Foto: Branding Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Novri mengungkapkan, penetapan kata Kampung atau Desa menjadi Tiyuh tertulis dalam Peraturan Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat nomor 15 tahun 2014.

“Moto Kabupaten yang benar Ragem Sai Mangi Wawai yang diartikan Kebersamaan untuk Keberhasilan, dan logo yang dipakai untuk branding adalah aksara Lampung yang dalam bahasa Indonesia berarti Tulang Bawang Barat dengan latar belakang tulisan berwarna merah hati,” ujar Novriadi di ruang kerja pada Senin 31/05/2021.

Foto: Kantor Bupati Tulangbawang Barat

Dia menguraikan, beberapa kata yang ditelah ditetapkan lewat peraturan Bupati diantaranya Tiyuh yang berarti Desa, Kepalo Tiyuh yang memimpin Tiyuh, Suku adalah wilayah yang berada setingkat di bawah Tiyuh dan dipimpin oleh Kepalo Suku, lalu juru tulis yang tugasnya menyerupai sekretaris desa.

“Sementara akronim Nenemo (Nemen, Nedes, Nerimo) dan TOP (Terdepan Optimis dan Pasti maju), merupakan suatu falsafah kerja yang dilazimkan,” tambahnya.

Lanjutnya, pentepan nama jalan atau gedung dan tempat lainnya, ada Surat Keputusan dari Satuan kerja yang berkompeten.

Foto: Lambang Perhubungan Tulangbawang Barat.

Menurut Novri, nama kabupaten penulisan sudah ditetapkan terdiri dari tiga kata yang terpisah yaitu Tulang Bawang Barat dan disingkat Tubaba.

Media massa sendiri dianjurkan Kantor Bahasa Provinsi Lampung menggunakan penulisan nama kota atau lokasi geografis dengan standar baku penamaan yang ditetapkan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal). Jika mengacu pada aturan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, penulisan nama tempat yang terdiri atas tiga kata, penggabungan dilakukan untuk dua kata pertamanya.( Advertorial).

 

 

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Pemkab Tubaba Bahas Draft Pelimpahan Wewenang Kepada Camat

  Tampabatas.com(SMSI-lpg), Tulangbawang Barat (Tubaba).- Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat Nopriwan Jaya SP membuka Rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *