Home / BERITA BARU / INTISARI MUSDES KHUSUS PENETAPAN BLT-DD. di ALAM JAYA
Foto: Erwansyah Kepala Desa Alam Jaua sedang sambutan.

INTISARI MUSDES KHUSUS PENETAPAN BLT-DD. di ALAM JAYA

Tampabatas.com, Lampung Utara.-
Musyawarah adalah jalan terbaik untuk mencari solusi terbaik dalam pemecahan masalah di Desa Alam Jaya namun keputusan tetap memperhatikan aturan yang berlaku. Ujar Erwansyah Kepala Desa Alam Jaya Kecamatan Kotabumi Selatan kepada Tampabatas.com pada Selasa 28/04/2020.

Dihari yang sama, dalam Musyawarah Desa khusus Penetapan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Gedung Serba Guna (GSG) Desa Alam jaya, Erwansyah menyebutkan, ada lima puluh enam orang yang perlu dan berhak mendapat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Alam Jaya.

” jumlah tersebut adalah masyarakat yang masuk dalam usulan Ketua Rt dan Kepala Dusun, untuk mendapat bantuan karena tergolong miskin dan terkena dampak pandemi virus corona, oleh karena itu saya serahkan dengan forum musyawarah untuk memutuskan, berhak atau tidak nama yang terdata untuk menerima bantuan.” Ujar Erwansyah

Sedangkan Camat Kotabumi Selatan berharap agar dalam membangun Desa, masyarakat tidak hanya menggantungkan kepada Kepala Desa saja.

“namun dengan kebersamaan dan menjaga ketenteraman Desa sehingga dapat bersama menimbulkan rasa aman dan nyaman sebagai salah satu penopang untuk menjadi makmur.” Ujarnya.

Ditempat sama, Maskur Tenaga Ahli Teknologi Tepat guna Pemdamping Desa Tingkat Kabupaten Lampung Utara memaparkan, Dana Desa (DD)dan Anggaran Dana Desa (ADD) secara nasional dikurangi tiga puluh persen untuk dialihkan guna penanganan dampak pemutusan penyebaran Covid-19.

“semakin besar nilai Dana Desa yang didapat maka semakin besar juga prosentase pengalihan; Desa yang mendapatkan DD dengan nilai 0(nol)rupiah sampai
Rp800 Juta dapat dialihkan 25 %; Untuk Desa yang mendapat Rp.800 juta hingga 1,2 milyar rupiah, 30%; sedangkan jumlah bantuan DD lebih dari 1,2 milyar rupiah dapat dialihkan 35%.” Terangnya.

Dia berharap agar bantuan yanh akan disalurkan dapat benar tepat sasaran.

Rifna, Pendamping Desa tingkat Kecamatan Kotabumi Selatan menuturkan, ada beberapa kriteria warga yang berhak menerima BLT DD yang merupakan aturan dari Kementerian Desa dan Kementerian Sosial.

” Masyarakat yang berhak mendapat bantuan, Menderita penyakit menahun, terdampak penyebaran Covid-19, Kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karena penyebaran virus Corona, tergolong miskin bila telah menjadi keputusan hasil musyawarah.” Jelasnya.

Rifna menambahkan, data yang didapat akan diverifikasi agar tidak terjadi tumpang tindih, karena masyarakat yang telah mendapat bantuan dari Dinas Sosial tidak boleh mendapat bantuan BLT DD.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Kotabumi Selatan, Babinsa, Babinkamtibmas, Perwakilan Puskesmas, Perangkat Desa, dan masyarakat. (Mukaddam).

SHER tampabatas

About admin

Check Also

Sasaran Fisik TMMD Reguler Ke-110 Terus Digenjot, Berharap Sesuai Dengan Rencana

Tampabatas.com(SMSI-lpg), Wonogiri.– Kegiatan sasaran fisik yang ada dalam Program TMMD Reguler ke-110 Kodim 0728/Wonogiri yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *