Home / BERITA BARU / DENGAN SATU CARA KEPALO TIYUH KARTASARI DUA PIHAK TERBANTU

DENGAN SATU CARA KEPALO TIYUH KARTASARI DUA PIHAK TERBANTU

Tampabatas.com(SMSI), Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Petugas Kesehatan Puskesmas Tiyuh Kartaraharja telah dan akan lakukan pengumuman kepada masyarakat untuk pencegahan terhadap berjangkitnya penyakit DBD di Tiyuh Kartasari dan sekitarnya. Kamis 23/07/2020.

Untuk itu rombongan petugas Kesehatan mohon izin kepada Turunan Mega Kepalo Tiyuh Kartasari untuk masuk di Tiyuh(Desa,-red) tersebut guna memberitahukan kepada masyarakat agar waspada terhadap timbulnya berbagai penyakit menular dan tidak menular, terutama DBD (Demam berdarah) dan Covid-19.

Ning Ida adalah satu diantara empat petugas Kesehatan mengatakan, Woro-woro (pemberitahuan) yang dilakukan merupakan satu langkah pencegahan berjangkitnya penyakit demam berdarah.

“Dalam pemberitahuan perlu kita tekankan kepada masyarakat untuk melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3M Plus.
Dengan adanya pemberitahuan maka kita berharap agar masyarakat dapat melakukan beberapa cara untuk mengantisipasi berjangkitnya demam berdarah.” Ungkapnya

Ning Ida menjelaskan, 3M dimaksud adalah
-Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
-Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.
-Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

“Plus-nya yaitu¬† kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti : Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk,
menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk,
menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah,
menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.”papar nya

Dia menambahkan, wilayah kerja Puskesmas Kartaraharja meliputi tujuh Tiyuh, Kartaraharja, Karta Raya, Waysido, Karta Tanjungselamat, Kartasari, Karta, dan Gunungkatun Tanjungan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Turunan Mega sebagai Kepalo Tiyuh telah mau turut memberitahukan kepada masyarakat tentang pencegahan penyakit, dengan itu secara langsung tugas kami terbantu dan masyarakat juga terbantu karena dengan pemberitahuan dan ditindaklanjut pencegahan maka semoga tidak akan terjangkiti demam berdarah.” Tutur Ning Ida.

Di tempat sama Turunan Mega sebagai Kepalo Tiyuh mengatakan, akan memberitahukan kepada masyarakat melalui pengeras suara di masjid bila malam hari agar seluruh warganya mengetahui dan melaksanakan arahan petugas Kesehatan.

“Bila siang hari warga Tiyuh ini banyak bekerja di ladang dan tempat lain maka kami akan beritahukan pada malam hari saat warga yang lebih banyak berada di rumah.”pungkas Turunan Mega.(red)

SHER tampabatas

About admin

Check Also

Suara Bising Mesin Molen Akan Menjadi Hal Biasa Bagi Satgas TMMD

Tampabatas.com(SMSI-lpg), Wonogiri.- Suara bising yang dihasilkan dari mesin molen seakan menjadi hal biasa dan menjadikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *