Home / BERITA BARU / Upacara Hari Pahlawan Di Lampura Bupati Tak Jadi Irup, Begini Sebabnya

Upacara Hari Pahlawan Di Lampura Bupati Tak Jadi Irup, Begini Sebabnya

Tampabatas.com (SMSI-lpg),
Lampung Utara. – Upacara bendera memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021 di Kabupaten Lampung Utara digelar di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Rabu 10/09/2021.

Awalnya yang akan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Lampung Utara Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M. Bahkan Bupati sudah mengenakan seragam Putih-putih lengkap dengan atributnya.

Namun, mendekati pelaksanaan upacara dan hendak akan naik podium, tiba-tiba kondisi Bupati tersebut tidak memungkinkan untuk memimpin jalanya upacara dikarenakan fisiknya yang kurang Pit. Akhirnya, Inspektur Upacara digantikan Ka Kimal Lampung Letkol Laut (PM) M. Firdaus, S.H., M.H.

Meski demikian, Bupati tetap mengikuti jalanya upacara dari kursi para tamu dan undangan mengingat pentingnya makna dari upacara tersebut sebagai bagian dari sejarah perjuangan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Dalam upacara tersebut, dihadiri juga Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara Drs. H. Lekok, M.M., seluruh unsur Forkompinda, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, dan para Veteran.

Dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan Ka Kimal Lampung menyebut bahwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan ini harus menjadi contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Para Pahlawan dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya walau terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan, yang berbalut semboyan Merdeka atau Mati, jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal–usul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus diresapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun.

“Kita adalah anak dan cucu kandung para Pahlawan Bangsa. Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku,” kata Ka Kimal.

Ka Kimal menambahkan, Bangsa Indonesia mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah.

Tentunya melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” tandas Ka Kimal.

Selesai pelaksanaan upacara di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Peringatan Hari Pahlawan dilanjutkan dengan melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kotabumi. (Diskominfo Lampura)

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Serma Yudhi  Aktifkan Komsos Dengan Pegawai Kelurahan

Tampabatas.com (SMSI-lpg), Surakarta.- Babinsa Kratonan Koramil 03/Serengan Kodim 0735 /Surakarta Sersan Mayor Yudhi Widianto  melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.