Home / ADVERTORIAL / TUBABA BEDA DAN BERANI INVESTASI PADA SDM

TUBABA BEDA DAN BERANI INVESTASI PADA SDM

Foto : Bernadeta Valentina, S1 Ilmu Kelautan (Officer Tubaba cerdas).

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Tulangbawang Barat (Tubaba).-
Kabupaten Tulangbawang Barat sangat kaya, orang yang focus di bidang pendidikan yang focus pada karya atau nilai seni dan yang focus bagian kepenulisan, tentu semua senang berada Tulangbawang Barat, pastinya semua bukan cuma cuma, tentu ada alasan di balik itu.

Bukan suatu hal yang mustahil kesenangan berada di sini karena Kabupaten Tulangbawang Barat punya konsep yang luar biasa, Menuju Tubaba dengan prinsip Nenemo SSL (Nemen, Nedes, Nerimo, Sederhana, Setara, Lestari).

Foto: Kantor Tubaba Cerdas di Kota budaya Ulauan Nughik Tubaba.

Pandangan itu diungkapkan wanita muda asal Tangerang Bernadeta Valentina (Sapaan akrab: Berta) yang menyandang gelar sarjana, Strata satu Ilmu Kelautan di Kantor Tubaba Cerdas Kota budaya Uluan Nughik Kabupaten Tulangbawang Barat, Senin 31/05/2021.

Berta yang nampak kritis dalam berpendapat menuturkan, tidak semua daerah mempunya keberanian untuk membuat konsep yang sebesar ini, melakukan investasi terhadap sumberdaya manusia, yang tentu dampaknya tidak dapat dilihat ataupun dirasakan dalam kurun waktu satu hingga dua bulan kedepan, bisa jadi 20 tahun kemudian ketika anak anak kelas satu Sekolah Dasar saat ini telah menjadi dewasa kelak.

Foto: Kegiatan Tubaba Cerdas bersama siswa Sekolah.

“Ketika kami berbincang dengan Pak Bupati Umar Ahmad, mengenai tujuan atau masa depan Kabupaten Tulangbawang Barat adalah TUBABA dengan prinsip enam karakter Nenemo SSL memang
Sangat luar biasa,”ujar wanita itu dengan polos dan sederhana menunjukkan keseriusan.

Sembari tersenyuman manis, Berta bercerita tentang suka duka selama menjadi Officer Tubaba Cerdas. Menurut Berta,
rasa sukanya tumbuh karena temen yang ada di Tubaba Cerdas hasil rekrut secara nasional, sehingga berasal dari berbagai pulau, dari berbagai latar belakang, dari berbagai suku daerah dan variasi itu menambah pemahaman jadi jauh lebih bermakna.

Foto: Kegiatan belajar menagajar Tubaba Cerdas bersama siswa Sekolah.

“Saya tidak hanya ngobrol bersama orang dari daerah saya sendiri atau cuma ngobrol dengan orang yang cara berpikirnya sama,
tapi juga dari arah yang berbeda. Dengan cara itu saya mendapat sudut pandang lebih luas sebagai masukan dari temen yang berasal dari berbagai daerah yang pastinya berbeda pengalaman, maka saya jadi mendapat pengalaman rasa yang lebih kaya,”kata Berta dengan wajah ceria.

Wanita cantik dan pandai itu juga melukiskan rasa dukanya,
meraka kerja tidak mengenal jadwal waktu kerja 8 jam sehari, katanya, karena mereka tinggal di Sekretariat, jadi bisa mengerjakan sesuatu sampai malam hari bahkan hari Minggu tetap bekerja.

“Ini membahagiakan karena kita tau kerja ini untuk perubahan. Saya senang banget ada disini, ketemu sama jurnalis yang keren, maksudnya saya bisa bertemu dengan banyak orang banyak pengalaman gituuu,”ujarnya menghibur.

Dalam situasi senda gurau yang terarah, Berta kembali ke pokok bahasan, tentang pengalaman selama berada di Tubaba cerdas.

Foto: Hasi kegiatan Tubaba cerdas.

“Menurut saya, semua teman yang ada disini yang sedang berkegiatan tergabung dalam Tubaba Cerdas, mungkin akan sama, mendapatkan suatu pola pikir baru setelah ke Tulangbawang Barat”.ujarnya bersungguh.(Advertorial).

 

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

ANTARA BENGKULU DAN TUBABA

  Foto: Walikota Bengkulu Helmi Hasan (depan, baju putih) Bupati Tubaba Umar Ahmad (baju hitam). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *