Home / BERITA BARU / TNI-Polri Bersama Warga Bersihkan Longsoran Yang Menimpa Rumah Dan Tutup Akses Jalan Di Purwoharjo

TNI-Polri Bersama Warga Bersihkan Longsoran Yang Menimpa Rumah Dan Tutup Akses Jalan Di Purwoharjo

Tampabatas.com (SMSI-lpg),
Wonogiri. – Hujan deras dengan intensitas yang cukup lama kembali mengguyur Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri beberapa waktu yang lalu. Akibatnya bencana tanah longsor terjadi dibeberapa tempat di Desa Purwoharjo.

Jum’at 24/12/2021 Kemarin, anggota Koramil 23/Karangtengah yang dipimpin oleh Batuud Peltu Khomaedi bersama dengan anggota Poksek Karangtengah, BPBD, Tim Destana penangulangan bencal desa Purwoharjo dan warga sekitar membersihkan tanah longsoran yang menimpa rumah warga dan berupaya membuka akses jalan yang tertutup longsoran.

Dilaporkan sebelumnya oleh Batuud bahwa hujan deras mulai pukul 11.00 s/d 16.17 WIB, mengakibatkan tanah longsor di beberapa lokasi rumah penduduk dan menutup jalan poros Desa.

Peltu Khomaedi menjelaskan, kerusakan yang ditimbulkan dibeberapa tempat yakni, di Dusun Kitren diantaranya rumah milik Supadi longsoran tanah dari samping rumah (bukit disebelah rumah) menimpa tembok sampai atap gentingnya rontok dan tembok rusak dengan kerugian sekitar Rp. 5.000.000,-. Rumah Kirno RT 03/01, Jenis bencana longsoran tanah dari atas rumah (bukit belakang rumah) mengakibatkan rumah rusak parah juga sepeda motor bebek tertimpa, serta perabotan dapur ikut tertimpa. Perkiraan kerugian Rp.50.000.000. Suparman RT 02/01 tanah longsor dari atas rumah (bukit disebelah rumah) mengakibatkan dinding rumah jebol. Perkiraan kerugian Rp.2.000.000,.

Sedangkan di Dusun Nglegok Rumah Sarino/Sarikun RT 01/02, tanah halaman samping rumah longsor ke bawah. Tidak mengakibatkan kerusakan rumah. Joni Purwanto RT 01/02, tanah longsoran dari atas rumah (bukit sebelah rumah) mengenai diding rumah mengakibatkan dinding rumah jebol sehingga mengalami kerugian Rp. 6.000.000,- Toko milik Joni, RT 01/01 Purwoharjo toko tertimpa longsor dari seberang jalan, mengakibatkan rusaknya toko yang sedang dalam pembangunan dan sebuah mobil.

Batuud menambahkan, selain mengakibatkan keeusakan dibeberapa rumah, tanah longsor juga menutup akses jalan poros desa menuju Dusun Ngandong, Nampul, Kaliwungu, Ngijo, Nglegok dan arah Tinatar tertutup longsor. Akses jalan poros desa turtutup sementara, terjadi longsor di 2 titik yang mengakibatkan akses tertutup total Di Dusun Kitren RT 01/01, Purwoharjo, dan di dusun Nglegok RT 01/03.

Dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan apabila turun hujan deras dengan intensitas yang lama.

(Arda 72).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Berbagai Elemen Masyarakat dan Instansi Datangi Kodim 0726/Sukoharjo Berikan Selamat HUT TNI Ke 77

Tampabatas.com (SMSI-lpg),- Sukoharjo.- Moment HUT TNI Ke 77 Tahun 2022 menjadi perhatian tersendiri baik dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.