Home / BERITA BARU / Ternak Sapi Wajib Kantongi Surat Sehat, Masuk Lampung Utara

Ternak Sapi Wajib Kantongi Surat Sehat, Masuk Lampung Utara

Foto: Yudhi Bachtiar, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Utara, Foto bidikan Senin 23/5/2022 di ruang Bidang Peternakan.

Tampabatas.com (SMSI-lpg),
Lampung Utara (Lampura).-
Dinas Pertanian Lampung Utara melakukan Pencegahan Terhadap Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) dengan cara memperketat aturan. (PMK) pada sapi telah ditemukan pada tiga kabupaten yakni, Mesuji, Tulang Bawang, Tulangbawang Barat.

Kabid Perternakan Dinas Pertanian Yudhi Bachtiar menegaskan di Kantor Dinas Pertanian Lampung Utara, pada Senin 23/05/2022

“Ada Tiga Kabupaten yang sudah ditemukan PMK tersebut dekat dengan Kabupaten kita, oleh sebab itu kita upayakan pengetatan pada pintu masuk khususnya di Kecamatan Abung Surakarta,” Katanya.

Ia menambahkan, hewan yang akan masuk ke Kabupaten Lampung Utara akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas di Kecamatan, guna menanyakan surat sehat yang harus dibawa.

“Upaya dekontaminasi yang kita lakukan seperti penyemprotan disinfektan, termasuk ke orangnya, bukan hanya kandang dan hewan,” ucapnya.

Lanjutnya, tingkat kematian hewan akibat dari PMK hanya berkisaran 1 sampai dengan 5%, dari 63 sapi yang terpapar hanya ada 3 yang meninggal, dan daging sapi yang terpapar selama dimasak dengan benar tidak akan berbahaya.

Ia juga mengatakan, kehebohan yang terjadi akibat penyakit PMK ini menyebabkan harga sapi menjadi naik akibat permintaan yang juga tinggi.

Lanjutnya, untuk stok sapi Kabupaten Lampung Utara, aman menjelang idul adha yang biasanya permintaan sapi tinggi.

Dia juga mengatakan, saat ini sudah ada dokter hewan yang tersebar hampir disetiap Kecamatan di Lampung Utara, hasil dari pembukaan CPNS tahun 2021.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik apabila ada hewan ternaknya yang bergejala PMK, untuk lapor saja ke setiap Kecamatan, total terdapat 21 dokter hewan, dari total 23 Kecamatan” jelasnya.

Upaya yang kita lakukan adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dari setiap Kecamatan, ada juga tim reaksi cepat dalam penaggulangan PMK.

“Kita juga bekerjasama dengan Polres Lampung Utara melalu tim satgas mereka, melalui Bhambinkantimas, yang mana hal tersebut adalah perintah dari Kapolri,” pungkasnya.
(M. Fajar)

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Tanamkan Kedisiplinan, Babinsa Tegalharjo Latihkan PBB di SMK Kristen 1 Surakarta

Tampabatas.com (SMSI-Lampung), Surakarta. – Kegiatan belajar mengajar untuk menimba ilmu di setiap lembaga pendidikan merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.