Home / BERITA BARU / SUARA HATI KEPALA TK-PAUD DESA ALAM JAYA
Foto : Wisuda Tk-Paud Harapan Ummi Desa Alam jaya tahun 2019 (dok)

SUARA HATI KEPALA TK-PAUD DESA ALAM JAYA

Tampabatas.com (SMSI), Lampung Utara.- Suresnawati Kepala TK-PUD Desa Alam Jaya Kecamatan Kotabumi selatan, selalu bertindak dengan rendah hati demi kemajuan anak didiknya.

Hal itu terungkap dalam obrolan bersama tampabatas.com di Desa Alam Jaya pada Senin 04/05/2020.

Desa Alam jaya terletak berkisar 30 kilometer dari Ibukota Kabupaten Lampung Utara, Desa tersebut sekaligus menjadi perbatasan dengan Kabupaten Lampung Tengah tepatnya Kecamatan Selagai.

Menuju Alam jaya bila melalui lintasan antar Desa di Kecamatan Kotabumi Selatan, maka akan menemui kwalitas jalan yang bervariasi, Hotmix, aspal, onderlag dan bahkan jalan tanah yang dipenuhi lumpur yang cukup dalam dibawah rimbun pepohonan kebun.

Penghasilan penduduk yang menetap di Desa itu pada umumnya dari usaha tani dalam hal ini lebih banyak penduduk mendapat pengahasilan dari bekerja sebagai buruh tani karena tidak mempunyai lahan untuk usaha tani.

Ibu Suresnawati sebagai Kepala TK -PAUD Harapan Ummi menuturkan,
pola pandang kehidupan masyarakat tentang pendidikan di Desa itu sangatlah jauh dari kata mengerti dan mau memahami. Sehingga dirinya dan Dewan guru selalu dan perlu berupaya keras karena dituntut rasa ingin memajukan cara berfikir masyarakat terutama anak didik.

“Untuk belajar di TK-PAUD (Taman Kanak-kanak – Pendidikan Anak Usia Dini) telah diberi keringanan yang cukup, gratis pendaftaran, Spp juga gratis bahkan mendapat baju seragam dan buku diberi secara gratis.” Ungkapnya.

Dia menambahkan, tak jarang pula anak didik dibelikan jajanan di Sekolah namun masih sulit untuk mengarahkan agar anak usia sekolah mau menuntut ilmu di Sekolah.

“Itu karena terganjal oleh pola pandang orangtua sang anak yang tidak mau memahami pentingnya bersekolah, mereka sekolah atau tidak akan tetap sama, yang penting bisa bekerja di ladang untuk mencari rezeki.”urainya.

Ibu Suresna menceritakan, kerap kali dirinya atau Dewan guru membonceng anak didik dengan motor melebihi kapasitas kendaraan, hingga empat orang yang dibonceng untuk pergi ke sekolah.

“Bahkan kami acap kali melakukan penjemputan terhadap murid agar mengikuti pelajaran di Sekolah, namun ayah atau ibu dari anak tak juga menunjukkan perubahan untuk mengarahkan putra putri mereka menuntut ilmu di sekolah.” Keluhnya.

Kepala Tk-Paud menuturkan, apapun yang dia dan Dewan guru lakukan, semata niat ibadah karena tuntutan hati menginginkan putra putri Desa Alam jaya dapat mengenyam pendidikan yang layak hingga dapat hidup lebih maju.

“Kami sangat mengharap do’a dan dukungan dari manapun agar orangtua dan anak di Desa kami mendapat hidayah sehingga dapat berfikir selangkah lebih maju.” Pintanya.

Dia menerangkan, Tk-Paud Harapan Ummi di Desa Alam jaya berdiri pada tahun 2016 tepatnya tanggal 14 Agustus, yang pada awal dimulai proses belajar mengajar numpang di SDN.07 Kota Alam di Desa Alam Jaya.

“Kini Tk-Paud kami memiliki 20 murid, dan dua guru pendidik.
Fasilitas pendidikan yang tersedia di Alam jaya adalah tingkat Sekolah Dasar dan TK-PAUD, bila anak ingin melanjutkan sekolah tingkat berikutnya maka perlu ke luar Desa yang jaraknya puluhan kilometer”. Pungkas Ibu Suresnawati Kepala Tk-Paud Harapan Ummi di Desa Alam jaya. (Red)

SHER tampabatas

About admin

Check Also

Disiplin Protkes Terus Digalakan Oleh Babinsa Koramil 17/Sidoharjo

Tampabatas.com(SMSI-lpg), Wonogiri.- Untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Babinsa Koramil 17/Sidoharjo Sertu Parjito bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *