Home / BERITA BARU / SK P3K Lampura 2021 Tak Kunjung Diterima, Adakah Masalah Keuangan Daerah

SK P3K Lampura 2021 Tak Kunjung Diterima, Adakah Masalah Keuangan Daerah

Tampabatas.com (SMSI-lpg),
Tampabatas.com (SMSI-lpg),
Lampung Utara (Lampura).-
Dalam masalah Urusan Gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) diatur dalam aturan PP Nomor 98 Tahun 2020. Yang mana Urusan Gaji (P3K) menjadi tanggungan pemerintah daerah yang bersumber dari APBD.

Jika di dalamnya masih merasa kurang untuk memenuhi Gaji P3K, maka pemerintah pusat dipastikan akan mengucurkan tambahan dana alokasi umum (DAU).

Dari salah satu sumber yang tidak ingin disebutkan identitasnya, untuk saat ini saya dan ketiga teman saya yang ikut P3K tahun kemarin dan dinyatakan lulus memang belum mendapatkan SK.
“Memang belum mas sampai sekarang SK nya belum kami terima” ucapnya.

Saat ingin dikonfirmasi Kepala BPKAD Kabupaten Lampung Utara Desyadi, S.H., MH., Sedang mengambil cuti Umroh.

“Untuk bapak Kepala saat ini sedang umroh, akan selesai cutinya sampai tanggal 27 nanti”. Ucapnya Muhamad Antoni, SE., Selaku Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Saat di wawancarai, Jum’at, 20/5/2022.

Ia menjelaskan bahwa untuk masalah Surat Keputusan (SK) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2021 yang belum keluar tidak ada masalahnya dengan BPKAD.

“Untuk masalah itu Kami tidak memiliki kewenangan menjawab nya, yang memiliki kewenangan BKPSDM,”kata dia.

Ia mengatakan untuk masalah keuangan dari ditimbulkannya terbitnya SK itu nanti merupakan kebijakan pimpinan untuk masalah keuangan.

“Yang pastinya ketika itu terbit baru dari kami BPKAD yang memproses dan untuk masalah anggaran ketika memang sudah dibuat berdasarkan perintah undang-undang seharusnya tidak ada kaitannya,” pungkasnya.

Terpisah, Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Dinas BKPSDM Siti Sarah, S.Sos., M.H., menjelaskan bahwa untuk SK P3K itu sendiri memang dari BKPSDM sedang menunggu Persetujuan Teknik (Perhtek) dari BKN.

“Untuk BKPSDM Kabupaten itu sendiri hanya menunggu persetujuan dari pusat dan Alhamdulillah hari Jum’at kemarin Perteknya sudah turun semua,” Ucapnya saat di di ruang kerja pada 23/5/2022.

Ia juga menjelaskan bahwa Perhteknya turun secara bertahap dari pusat ke daerah sehingga tidak secara menyeluruh langsung turun semuanya.

“Keluarnya secara bertahap yang pasti kenapa itu kan banyak dan pasti masih banyak kendalanya. Kemarin itu awalnya Lampung Utara 123 yang belum turun, akhirnya turun lagi turun lagi sampai terkahir Jum’at kemarin sudah turun semuanya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan setelah turun semuanya dari pusat dari BKPSDM akan secepatnya mempersiapkan SK Minute yang akan ditandatangani oleh Bupati setelah itu petikan dan akan secepatnya kita bagikan kepada teman-teman yang keterima P3K.

“Kita dari BKPSDM menargetkan di bulan Juni sudah bisa dibagikan, tapi pastinya tanggal berapa belum bisa dipastikan karena kita menunggu SK Minute Bupati dan Petikan,” Pungkasnya.

Seperti yang sudah di ketahui bersama PPPK/P3K merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk di Lampung Utara sendiri jumlah yang akan menerima SK tersebut berjumlah 891 orang. Untuk yang non guru 2 orang dan 889 dari P3K guru.

Menurut ketentuan Undang-undang nomor 5 tahun 2014, PPPK guru termasuk dalam kategori aparatur sipil negara (ASN). Seperti PNS, PPPK guru maupun non-guru mendapatkan gaji dari negara.
(M. Fajar)

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Koramil Sambi Bantu Petani Binaan Kendalikan Hama Tanaman Padi

Tampabatas.com (SMSI-Lampung), Boyolali.- Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A. melalui Plh Danramil 10/Sambi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.