Home / BERITA BARU / Minimnya Kontrol Limbah B3 Di Kabupaten Tulang Bawang

Minimnya Kontrol Limbah B3 Di Kabupaten Tulang Bawang

Tampabatas.com(SMSI),
Tulang Bawang (Tuba).-
Banyak ditemukan sampah medis dibuang sembarangan di sekitaran Klinik, Puskesmas, dan Rumah sakit di daerah Tulang Bawang, limbah medis Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) berserakan di sekitaran tempat pelayanan kesehatan tersebut.
Pantauan tampabatas.com pada Rabu 30/09/2020.

Hasil Konformasi dengan beberapa kepala Puskesmas, Klinik dan Rumah sakit di Daerah Tuba, yang tidak mau namanya disebutkan, bahwa diakui lemahnya pengawasan limbah B3 ini menjadi salah satu PR untuk mereka agar lebih ketat lagi mengawasi masalah limbah B3.

“Sebagai Kepala Puskesmas, Klinik dan Rumah sakit kami tidak pernah bosan, selalu mengingatkan tim agar lebih hati-hati dan lebih teliti lagi dalam pengelolaan limbah medis B3 karena hal ini sangat sensitif dan sudah diatur oleh UU No. 23 tahun 2009.” Ujar seorang pimpinan Puskesmas.

Terpisah, Wawan sebagai anggota LSM LIPAN mengatakan, Harusnya Rumah sakit, klinik, Puskesmas itu lebih rutin update untuk kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). Agar mengetahui standar pengelolaan limbah dengan benar. Namun DLHK seakan kurang peduli.

“Limbah B3 dibiarkan menumpuk dengan berbagai jenis sampah. Limbah tersebut tentunya dikhawatirkan membahayakan kesehatan warga sekitar, termasuk tenaga kebersihan serta pasien itu sendiri.” Cetusnya.

Menurut Wawan, Kurangnya keperdulian terhadap limbah B3 ini menimbulkan kesan tidak berjalannya kontrol Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), ini dapat dibuktikan dengan masih adanya Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik di wilayah Tulang Bawang yg secara sengaja membuang limbah B3 sembarangan dengan berbagai cara, ada yg dibakar dan dicampur dengan limbah rumah tangga dan ada juga yg ditimbun dalam tanah.

“Bagi penghasil, pengumpul, pengangkut, pemanfaat, pengolah, dan penimbun limbah B3 yang melakukan pelanggaran dapat dikenakan sanksi administratif.”terangnya

Hingga berita ini diterbitkan, Dinas DLHK, Kab Tulang Bawang dan pihak terkait belum dapat dihubungi. (Igbal).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

SMSI Lampung Bahas Konsolidasi Pengurus

Tampabatas.com (SMSI-lpg), BANDARLAMPUNG. -Pengurus SMSI Lampung melakukan konsolidasi pengurus yang akan berakhir pada Maret 2022. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *