Home / BERITA BARU / Komisioner KPU Lampura Beberkan Penambahan DPT

Komisioner KPU Lampura Beberkan Penambahan DPT

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Lampung Utara (Lampura).-
Setelah pemutahiran  data pada bulan Mei tahun 2021 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara,
terdapat kenaikan jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Hal ini disampaikan Anggota KPU setempat, Yansen Atik, mewakili Ketua KPU Lampura, Aprizal Ria setelah selesai rapat koordinasi internal rekapitulasi pemutahiran data pemilih  berkelanjutan (PDPB) periode bulan Mei 2021 lalu di aula KPU setempat.

Yansen Atik, sebagai Kepala Datin (Devisi Bidang Data dan Informasi) KPU Lampung Utara ini menngungkapkan, ada penambahan jumlah DPT pada Mei 2021. Pada April  berjumlah 444.296 menjadi 444.404 orang.

“Penambahan jumlah pemilih baru sebesar 114 orang dan pengurangan enam pemilih yang masuk dalam katagori tidak memenuhi syarat (TMS)”, terangnya.

Lanjutnya, untuk bulan depan pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi rekapitulasi PDPB yang  melibatkan pihak terkait yang ada (Bawaslu, Disdukcapil,  TNI/Polri dan lainjya).

“Sesuai surat edaran KPU-RI bernomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 , kita melakukan rakor bersama stakeholder pertriwulan, sedangkan Rakor bersama KPU provinsi persemester. Hasil rekapitulasinya wajib diumumkan ke publik,” jelasnya

Menurut dia, validitas DPT tidak hanya menjadi tugas dan tanggungjawab KPU melainkan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat khususnya para stakehokder yang ada.

“Ini kerja demokrasi kita bersama, karena itu kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat khususnya Disdukcapil, TNI/Polri dan Bawaslu atas kerjasama dalam proses pemutahiran DPT,” terangnya.

Dia menjelaskan, bahwa KPU telah memiliki aplikasi cek data pemilih yang bisa diinstal melalui play store di dalam android.

“Kita punya aplikasi cek data pemilih, disana kita bisa mengecek apakah kita telah terdata dalam DPT atau tidak. Mari kita instal aplikasi tersebut. Ingat suara kita menentukan kepemimpinan bangsa,” Ajaknya mengingatkan. (JMR/Koresponden 01/06/2021).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Patroli PPKM Darurat, Koramil Karangmalang dan Polsek Himbau Pedagang Patuhi Prokes

Tampabatas.com(SMSI-lpg), Sragen.- Anggota Koramil 02/Karangmalang bersama anggota Polsek Karangmalang Kodim 0725 Sragen laksanakan Patroli Pemantauan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *