Home / BERITA BARU / Kasdam IV/Diponegoro Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa UNS

Kasdam IV/Diponegoro Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa UNS

Tampabatas.com (SMSI-lpg),
Surakarta. – Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito, S.I.P., mewakili Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono memberikan kuliah umum Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada 10.200 Mahasiswa baru UNS bertempat di Gd. Auditorium Haryo Mataram UNS Jl. Ir. Sutami Jebres Surakarta, Sabtu 13/08/2022.

Kasdam IV/Diponegoro menyampaikan materi dengan tema “Bersama Pemuda Membangun dan Mempertahankan NKRI”. Materi tersebut dibahas oleh Kasdam karena Universitas Sebelas Maret mempunyai peran yang sangat strategis untuk melahirkan kader kader bangsa yang berkarakter, berkualitas dan berdaya saing tinggi mengutamakan kepentingan masyarakat menjadi mandiri dan inovatif.

Menurut Brigjen Parwito Bela Negara tidak identik memanggul senjata atau militerisme.

“5 nilai dasar bela negara yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara, rela berkorban demi bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara secara fisik maupun non fisik,” kata Kasdam.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam juga mengajak kepada mahasiswa baru menghindari hal hal yang dapat menghancurkan rasa kebangsaan Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

“Proyeksi ancaman saat ini dan yang akan datang antara lain, konflik horizontal, terorisme, bencana alam, pelanggaran perbatasan, krisis pangan, proxy war, wabah penyakit, narkoba dan berita hoax,” jelas Kasdam.

“Oleh karenanya para mahasiswa baru harus bisa menjadi pribadi yang taqwa/bermoral, pantang menyerah, mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi maupun golongan, memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, menjadi pribadi yang lebih toleran, serta bersinergi untuk kepentingan bangsa yang lebih besar,” ungkap Brigjen TNI Parwito.

Diakhir kuliah, Kasdam berpesan kepada para Mahasiswa agar selalu belajar dan berjuang serta jangan menyerah untuk wujudkan Indonesia sebagai pemenang.

Turut hadir Wakil Rektor UNS, Kasrem 074/Warastratama, Wakapolresta Surakarta, Dandim 0735/Ska.

(Arda 72)

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Sersan Mayor Yudhi Cek Prokes di Morodadi Star

Tampabatas.com (SMSI-lpg), Surakarta : Untuk Memutus Matai Rantai Covid -19 dan memastikan menerapkan protokol kesehatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.