Home / BERITA BARU / Kapolda Lampung Bersama Danrem 043/Gatam Tinjau Pangan Tiyuh Tangguh Nusantara di Tubaba

Kapolda Lampung Bersama Danrem 043/Gatam Tinjau Pangan Tiyuh Tangguh Nusantara di Tubaba

Tampabatas.com(SMSI), Tulangbawang Barat (Tubaba).-Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Lampung (Kapolda Lampung) bersama dengan Komandan Korem (Danrem) 043/Gatam, kunjungi Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dalam rangka tinjau pangan di Tiyuh Tangguh Nusantara dan ikut serta panen tanaman sayuran dan ikan hasil budidaya masyarakat setempat.

Acara tersebut berlangsung di Tiyuh Pulung Kencana yang sudah ditetapkan menjadi Tiyuh Tangguh Nusantara (TTN) yang berada di Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT) Kabupaten setempat, acara tersebut dihadiri Kapolda Lampung Irjen Pol Drs, Purwadi Arianto, M.SI. dan Danrem 043/Gatam Brigjen TNI, Toto Jumariono, dan Bupati Tubaba H. Umar Ahmad, S.P. serta Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saepul Rahman, S.IK. dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tubaba Ponco Nugroho, dan Ketua Pokdarkhamtibmas H. Herman Artha. dan di ikuti jajaran Kapolda Lampung serta jajaran Polres Tubaba serta jajaran Pemkab Tubaba dan Camat Tuba-Tengah, Kepalo Tiyuh dan tokoh adat tokoh masyarakat serta tamu undangan.

Dalam sambutannya Kapolda Lampung Irjen Pol Drs, Purwadi Arianto, M.SI. Menyampaikan, sebagai bentuk penghormatan kepada Pemkab Tubaba saya mengucapkan terimakasih atas sambutan nya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Tubaba dan kepada polres Tubaba serta pemerintah tiyuh/kampung yang sudah di tetapkan menjadi tiyuh Tangguh Nusantara, atas sambutan dan kesiapan dalam kunjungan kami ke Tubaba,” kata Purwadi Arianto saat menyampaikan sambutannya pada Kamis, 9/7/2020 sekira pukul 11:15 WIB.

Adapun berbagai kegiatan yang di lakukan peninjauan,

Purwadi Arianto menambahkan, bersyukur hari ini bersama Danrem 043/Gatam dan bapak bupati Tubaba serta kepalo tiyuh dan elemen masyarakat bersama-sama ikut serta memanen hasil budidaya masyarakat seperti panen cabai, jamur, dan panen ikan, dan ini adalah hasil pangan tiyuh Tangguh Nusantara yang mana tiyuh tersebut siap tanggap dalam penanganan Covid-19 dan Alhamdulillah tiyuh ini menjadi tiyuh Tangguh Nusantara dan insya Allah tiyuh ini senantiasa akan menjadi maju.

Ditempat yang sama, Danrem 043/Gatam Brigjen Tentara Nasional Indonesia (TNI) Toto Jumariono, juga menyampaikan, dalam nama Kampung/Tiyuh Tangguh Nusantara itu adalah tidak hanya kesiapan ketahanan pangan itu saja, melainkan kesiapan keamanan terhadap Tiyuh Tangguh Nusantara itu sendiri dan menjaga masyarakat dan menciptakan tiyuh yang aman dan kondusif, tentunya menciptakan Kamtibmas dan lain sebagainya.

“Terlibatnya TNI AD dalam ketahanan pangan adalah bekerjasama dengan Polres sampai ditingkat Babinsa untuk menciptakan ketahanan pangan, yang mana kita ketahui bahwa dampak Covid-19 ini adalah multidimensi selain dampak kesehatan yang dirasakan oleh masyarakat dampak ekonomi jelas dirasakan oleh masyarakat, oleh sebab itu mari bekerjasama dalam menciptakan keamanan, kesehatan dan ketahanan pangan agar tercipta nya apa yang kita inginkan,” ujarnya Toto Jumariono.

Sementara, dalam sambutan Bupati Tubaba H. Umar Ahmad, S.P. menyampaikan bahwa dalam kampung Tangguh Nusantara ini semata agar menjadi kebiasaan baru masyarakat terhadap tiyuh-tiyuh lainnya,” kita tidak persiapkanlah perlombaan di tingkat provinsi, hanya saja kita harapkan tiyuh Tangguh Nusantara ini akan menjadi kebiasaan baru terhadap masyarakat, dan juga kalau pun ikut serta memeriahkan perlombaan kita juga tidak mengharapkan kemenangan dalam perlombaan hanya saja menang kalah dalam perlombaan itu memang menjadi hal yang biasa,” paparnya Umar Ahmad.

Lebih lanjut, masih kata Umar Ahmad, bahwa pemerintah daerah akan siap mendukung penuh terhadap perlombaan dan pembangunan infrastruktur polres Tubaba,” jelas kita dari pemkab Tubaba mendukung sepenuhnya terhadap tiyuh Tangguh Nusantara bila terjadinya perlombaan tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi Lampung, dan yang jelas kesiapan kita dalam pembangunan polres Tubaba untuk saat ini kita sudah mulai seperti persiapan tanah sudah ada dan secara fisik insya Allah akan kita mulai di tahun 2021,” jelasnya Umar Ahmad.

Umar Ahmad berharap,” saya berharap ini bukan menjadi hal perlombaan namun ini menjadi hal kebiasaan dalam bermasyarakat, nah oleh sebab itu yang menjadi keutamaan kita adalah bagaimana masyarakat Tubaba bisa belajar kesetaraan kebiasaan baru ini terhadap masyarakat di Tubaba agar kebiasaan dalam tiyuh Tangguh Nusantara ini menjadi pembelajaran terhadap masyarakat di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai kita tercinta,” Harapannya Umar Ahmad.(red)

SHER tampabatas

About admin

Check Also

Polri Kirim Sejumlah Bantuan Tangani Gempa Sulbar

Tampabatas.com(SMSI-lpg), JAKARTA- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengirimkan sejumlah bantuan dalam penanganan gempa bumi di Majene …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *