Home / BERITA BARU / Dorong Peningkatan Kualitas Ternak Kambing Melalui IB

Dorong Peningkatan Kualitas Ternak Kambing Melalui IB

Tampabatas.com(SMSI),
Lampung Utara(Lampura).-
Budidaya kambing masih menjadi usaha sampingan bagi masyarakat perdesaan. Karena belum menjadi sandaran utama untuk menopang penghidupan keluarga, dalam pengembangan hewan ternak untuk mendapatkan anakan, peternak di Lampung Utara masih banyak yang melakukan dengan metode kawin alami atau tradisional.

“Jaminan kualitas anakan dengan metode kawin alami atau tradisional tergantung pejantannya. Kendala kawin alami ini adalah saat kambing betina masuk masa birahi dan di lokasi tidak tersedia kambing jantan berkualitas yang siap membuahi, maka peternak akan mengambil pejantan asalan atau lokal dan tentunya itu, berdampak pada kualitas hasil anakan nantinya” ujar Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian (Distan), Kabupaten Lampung Utara, Yuli Endratmoko, di ruang kerjanya, beberapa hari lalu.

Karena pertimbangan tidak ada kepastian jaminan kualitas hasil anakan inilah, peternak-peternak yang melakukan budidaya pengembangan ternak kambing secara intensif tercatat lebih sering menggunakan inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik untuk mendapatkan hasil anakan yang lebih berkualitas.

“Dengan hasil anakan yang berkualitas akan berpengaruh pada bobot tubuh  anakan saat dibesarkan nantinya.  Sehingga, harga jual kambing tersebut dipasaran dapat lebih tinggi” kata dia kembali.

Untuk straw atau semen beku pada ternak kambing yang digunakan petugas inseminator Distan di lapangan  varietas PE dan Boer. Di Lampung Utara, peminat IB tercatat masih sangat minim.

“Kalau di lihat dari dosis strow kambing yang dikeluarkan Distan setiap tahunnya, rata-rata sekitar 500 dosis/ekor dan pelaksanaannya dilakukan secara swadaya petani” tuturnya menambahkan.

Sejauh ini, hanya kalangan tertentu atau peternak profesional yang mengkhususkan pada ternak kambing yang lebih sering memanfaatkan IB untuk mendapat bibit kambing yang berkualitas. (Y1).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Babinsa Bantu Penyandang Disabilitas Penerima BTPKLW Melalui Kodim Sragen

Tampabatas.com (SMSI-lpg), Sragen.- Pembagian BTPKLW (Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Dan Warung) di Kodim 0725/Sragen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *