Home / BERITA BARU / Dinas PPKB Lamteng Fokus Pendataan Keluarga

Dinas PPKB Lamteng Fokus Pendataan Keluarga

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Lampung Tengah (Lamteng).-
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Lampung Tengah, saat ini sedang fokus dalam program pendataan keluarga 2021. yang mana program tersebut merupakan program Nasional dalam rangka mendata keluarga menuju keluarga sejahtera, khususnya yang ada di Kabupaten Lampung Tengah.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas DPPKB Lamteng, Eduart Hasan, yang di dampingi Sekretaris, Damayanti saat menerima kunjungan Ketua LSM GIPAK Lamteng, Merta Susanti, diruang kerjanya, Senin 22/03/2021.

Menurut Eduart, bahwa program pendataan keluarga itu adalah program lima tahunan BKKBN dalam rangka mendapatkan data keluarga lndonesia, sesuai dengan UU No.52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan, dan pembangunan keluarga, yang di perkuat dengan peraturan Pemerintah No.87 Tahun 2014, tentang perkembangan kependuduka, dan pembangunan  keluarga berencana.

“Nanti setelah kita data, akan kita ketahui apakah dalam keluarga tersebut ada yang belum memiliki KTP, atau memiliki hunian yang kurang layak, atau hunian tersebut belum memiliki surat kepemilikan yang sah, atau juga di keluarga itu ada yang sedang dalam keadaan sakit dengan keterbatasan biaya, dan lain sebagainya. Dalam pendataan itulah, nantinya kita juga akan mendeteksi keberadaan stunting,” terang Eduart,¬†diruang kerjanya, Senin (22/03).

Eduart menjelaskan, dari data-data yang kita dapatkan dari keluraga itulah yang nantinya akan kita ajukan ke Satuan Kerja (Satker) di masing-masing di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemkab.Lamteng, untuk bagaimana mengatasinya. Untuk lebih mempermudah sistem kerja pendataan itu, dan agar hasilnya lebih efisien, saat ini pihaknya sedang melakukan pembuatan Jaringan Sistem lnformasi Keluarga (SIGA) yang saat ini masih dalam pembahasan, agar dengan menggunakan sistem tersebut pengelolaan pendataan keluarga yang ada seKab.Lamteng, dapat lebih efisien, praktis, dan lebih akurat terdata.

“Kita berharap dalam program ini akan mendapatkan data mikro yang valid. Agar dapat bermanfaat bagi seluruh keluarga khususnya yang ada di Kab.Lamteng, serta dukungan dari semua pihak,” harap dia.(ki).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Polres Tubaba Tangkap Lima Pelaku Tipu Gelap

Tampabatas.com (SMSI-lpg), Tulangbawang Barat (Tubaba) – Tekab 308 Satuan Reserse Kriminal Polres Tulangbawang Barat menangkap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *