Home / ADVERTORIAL / Beberapa Agenda dan Langkah Konkret DPRD Lampura di Masa Pandemi Covid-19

Beberapa Agenda dan Langkah Konkret DPRD Lampura di Masa Pandemi Covid-19

Tampabatas.com, Lampung Utara.- Penyebaran Covid-19 (Corona-virus) yang telah menjadi musibah dunia membuat Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Lampung Utara tidak berdiam diri Banyak hal yang dilakukan bersama ataupun perorangan di dalam dan di luar kantor sebagai tanggung jawab kepada rakyat. Tidak semua kegiatan dapat terangkum, namun ada beberapa kegiatan dalam catatan tampabatas.com, sejak pertengahan April hingga Mei 2020.

Sebagaimana yang dilakukan Wakil Ketua III DPRD Lampung Utara Joni Saputra melaksanakan kegiatan perorangan bersama kepala Desa Bangun Sari Kecamatan Abung Surakarta Zulfikar sebagai langkah konkret dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di Desa Bangun Sari pada Minggu (19/4).

(Ket-Foto : Joni Saputra Bersama Tim Relawan Covid-19 Abung Surakarta )

Joni Saputra menuturkan, karena didorong rasa memiliki terhadap masyarakat, ia dan Zulfikar berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan ini. “Seluruh rumah penduduk dan tempat umum kami semprot. Semoga memutus mata rantai penyebaran virus corona,” ujar Joni Saputra, anggota dewan dari PDIP.

Adapun agenda rutin yang harus dilaksanakan ditengah masa pandemi covid-19 yaitu DPRD Lampura menggelar Rapat Paripurna yang merupakan tanggung jawab kepada masyarakat dan aturan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran wabah Covid-19 di setiap daerah khususnya di Lampung utara Rabu (22/4).

Rapat paripurna membahas tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Lampung Utara tahun 2019, dalam agenda penyampaian keterangan Plt Bupati Lampung Utara.

Hadir dalam rapat paripurna ini Ketua DPRD Lampung Utara Romli A  sekaligus memimpin rapat, Plt. Bupati Lampung Utara Budi Utomo, Wakil Ketua 1 dan 2 Dedi Sumirat, dan Madri Daud beserta 25 anggota dewan lainnya.Turut hadir perwakilan Forkopimda Kabupaten Lampung Utara.

Tidak hanya itu kaum hawa yang menduduki kursi anggota Dewan ataupun sebagai keluarga Anggota Dewan yang terakomodir dalam Ikatan Keluarga Anggota Dewan (IKAD) DPRD Lampung Utara turut serta ambil bagian dalam rangka menjalankan program dan kegiatan organisasi dengan membantu warga masyarakat yang terdampak akibat covid19, Senin (20/4).

Kaum hawa dimaksud melakukan bakti sosial menjelang bulan Ramadhan dengan membagikan ratusan paket sembako kepada penarik becak, pemulung, pedagang keliling dan keluarga kurang mampu.

(Ket-Foto : Penyerahan Bantuan Kepada Masyarakat Secara Simbolis )

Ketua IKAD Betty Romli, mengatakan, kegiatan baksos ini membantu masyarakat yang sangat membutuhkan karena dampak Covid-19. Pihaknya mendatangi warga yang sedang kesulitan ekonomi dan juga membagikan di jalan umum. Dalam kegiatan itu juga tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Penasehat IKAD Sandy Juwita yang diketahui juga sebagai Anggota DPRD dari Partai Gerindra menyampaikan, kegiatan ini dilakukan dengan memprioritaskan masyarakat kalangan bawah, Selain itu dia juga memberikan himbauan agar melakukan langkah pencegahan penyebaran covid-19 sesuai protokol kesehatan.

Sedangkan pekerjaan penting yang juga perlu diingat ialah DPRD Lampung Utara kembali menggelar sidang paripurna dengan agenda Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Lampung Utara tahun anggaran 2019 menyampaikan 8 poin penting yang direkomendasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara.

(Ket-Foto : Penyerahan LKPJ Tahun 2019 )

Dari Delapan poin penting dimaksud, 1(satu) poin penting disampaikan Nurdin Habim Fraksi Partai Gerindra, sedangkan 7 poin penting lainnya disampaikan oleh Marlena, S.Pd sebagai sekretaris dan juru bicara Pansus LKPJ Bupati 2019 tersebut dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Lampung Utara di Ruang rapat Dprd pada Rabu, 29/04/2020.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara, Romli, A.Md, dan dihadiri oleh Plt Bupati Lampung Utara, H.Budi Utomo, SE., MM. Dalam sidang paripurna ini juga Plt Bupati memberikan penjelasan tentang Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara dalam penanggulangan pandemi Covid-19 yang terbentuk dalam Gugus Tugas Covid-19.

“Mengenai penanggulangan Virus Corona telah menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten, Bupati Lampung Utara sebagai ketua Gugus Tugas Covid-19 dan dibantu dengan Kapolres, Dandim, dan Ketua DPRD sebagai wakil dan anggota lainnya yang tergabung dalam FORKOPIMDA Kabupaten Lampung Utara.”terang nya.

Dalam kesempatan ini juga, Nurdin Habim, SE anggota DPRD dari fraksi Gerindra memberikan masukan kepada pemerintah daerah sebagai poin penting, agar memberikan buku acuan hasil Rancangan APBD di tahun berikutnya sebagai sumber informasi bagi anggota DPRD dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawasan.

Inilah tujuh poin penting yang disampaikan juru bicara Pansus LKPJ Bupati tahun anggaran 2019;

Agar Pemerintah Daerah segera mengatasi permasalahan data penerima bantuan sosial dan meningkatkan kinerja operator disetiap daerah; Agar Pemerintah Daerah dapat segera mengatasi masalah parkir dan tenaga BLUD di RSUD H.M. Ryacudu; Agar Pemerintah Daerah memperhatikan masalah pemetaan dan pemerataan tenaga Pengajar (Guru dan Kepala Sekolah) sesuai SK Menteri no. 5 Tahun 2011 berdasarkan Sistem Zonasi;Agar Pemerintah Daerah melalui Kepala Dinas Kesehatan dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Puskesmas se-Kabupaten Lampung Utara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat;

Selanjutnya poin kelima, Agar pemerintah dalam menyusun anggaran hendaknya pemerintah daerah dapat membuat skala prioritas program dan kegiatan sehingga berdampak pada penyerapan anggaran yang baik di setiap OPD; Agar pemerintah daerah segera mengambil langkah-langkah yang tepat dalam meningkatkan PAD, hal-hal yang menjadi rekomendasi di LKPJ tahun anggaran 2018 yang belum ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah agar segera diselesaikan khususnya persoalan di dinas PUPR; Agar dukungan DPRD Kabupaten Lampung Utara Kepada pemerintah daerah dalam menanggapi COVID-19 segera terstruktur dan terukur dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Polres, Dandim beserta jajarannya.

Terlepas dari kegiatan tersebut Romli Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara bersama beberapa kader dan Pengurus Partai Demokrat menggelar acara ramah tamah dan bagikan 1,4 ton beras serta 300 paket sembako kepada masyarakat agar keberlangsungan hidup tetap stabil, (senin,18/5/2020) dan sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah tentang himbauan sosial distancing.

(Ket-Foto : Ketua DPRD Lampura Serahkan Bantuan Kepada Masyarakat )

Acara ramah tamah berlangsung di rumah jabatan ketua DPRD dihadiri ketua DPC partai demokrat beserta pengurus harian dan DPAC se-Kabupaten Lampung Utara, turut hadir anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Lampung Yosi Rizal,SH. (ADV)

SHER tampabatas

About admin

Check Also

Sertu Rohmad Laksanakan Kegiatan  PPKM Di Wilayah, Ini Tujuannya

Tampabatas.com(SMSI-lpg), Surakarta.- Babinsa Kelurahan Jayengan Koramil 03/Serengan , Kodim 0735/Surakarta Sertu Rohmad melaksanakan pengawasan dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *