Home / BERITA BARU / Bau Sampah Menyengat, Warga Merasa Terganggu Khawatir Timbul Penyakit

Bau Sampah Menyengat, Warga Merasa Terganggu Khawatir Timbul Penyakit

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Lampung Utara (Lampura).-
Minimnya kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan menyebabkan tumpukan sampah yang cukup banyak di pingir jalan dan aliran sungai Way melan Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara. Minggu 13/12/2020.

Ardi seorang pemulung saat berada lokasi tempat pembuangan sampah di way melan, menjelaskan bahwa wilayah ini sudah cukup lama menjadi tempat paforit warga, membuang sampah. Menurut penjelasannya sudah lebih dari, 1 (satu) tahun di lokasi tersebut menjadi tempat pembuangan sampah.

Mukaddam Ketua Rt06 Lk05 Kota alam menuturkan, Bila tidak segera ditertibkan, dikawatirkan dapat menimbulkan masalah baru seperti, timbulnya berbagai penyakit,  gangguan kesehatan dan dapat menyebabkan banjir bila musim hujan tiba karena banyaknya tumpukan sampah dipinggir sungai tersebut.

“Yang sangat mengganggu penciuaman, baunya sangat memyengat, khawatir terjadi penyakit gangguan pernapasan pada warga.”ujarnya.

Terpisah Kausyar, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan limbah, Dinas lingkungan Hidup (DLH) Saat dikompirmasi oleh awak media menyatakan bahwa, DLH Lampung Utara sudah maksimal mengelola sampah dengan cara membuat tempat pembuangan sampah yang tersebar cukup banyak di wilayah kerjanya, mobil pengangkut sampah bekerja sehari dua kali mengangkut sampah dibeberapa titik pembuangan sampah umum yang sudah disediakan.

“Namun terkait sampah yang ada dipinggir jalan dan kali Way Melan sebenarnya itu bukan tempat pembuangan sampah, cuma karena sudah kebiasaan masyarakat setempat membuang sampah disitu jadi agak sulit DLH menertibkanya.” Urai dia.

Lanjutnya, Akan tetapi DLH tetap mengangkut sampah-sampah tersebut sehari satu kali karena itu sebenarnya bukan jalur pengambilan sampah.

“Kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi dipinggir kali, karena tempat tersebut bukanlah tempat pembuangan sampah.”himbau Kausyar

Namun Kausyar tidak menjelaskan secara rinci solusi kedepan DLH untuk mencegah agar lokasi tersebut tidak dijadikan tempat pembuangan sampah lagi.  (Igbal).

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

DPD PGK Ucapkan Selamat HUT Lamteng Ke 75 Dan Untaikan Harapan

Tampabatas.com(SMSI-lpg), LampungTengah (Lamteng).- Di hari lahir Kabupaten Lampung Tengah, yang ke 75 tahun, Dewan Pengurus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *