Home / BERITA BARU / Akar Wangi Menjadi Alternatif Tumbuhan Penghalang Longsor

Akar Wangi Menjadi Alternatif Tumbuhan Penghalang Longsor

Tampabatas.com(SMSI-lpg),
Surakarta.- Babinsa Koramil 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta Serka Suryanto dan Sertu Suparno bersinergi dengan Bhabinkamtibmas Aiptu Suwardi Serta relawan Sibat mendampingi kunjungan dan pemberian tanaman akar wangi kepada Muspida Kabupaten Madiun dalam kegiatan pengambilan tumbuhan akar wangi di bantaran sungai Bengawan solo Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres Surakarta. Jum’at, 19/02/2021.

Tingginya potensi bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi di desa Gemarang Kabupaten Madiun membuat Pemkab berencana menanam secara masal tanaman akar wangi.

Serka Suryanto mengatakan Longsor dan banjir acap kali melanda ditengarai akibat wilayah dataran tinggi yang tidak mampu lagi menahan air, apalagi curah hujan  masih tinggi.

“PJT I (Perum Jasa Tirta) Asy Syam, BPBD Dicky, Asisten Bupati Zahrof Kabupaten Madiun berkoordinasi dengan ketua relawan SIBAT  wilayah Sewu Budi Utomo dalam pengambilan tanaman akar wangi untuk ditanam di Desa Gemarang Kabupaten Madiun pasca di terjang tanah longsor.”bebernya.

Dia menambahkan, Pemkab Madiun meyakini tanaman akar wangi mempunyai manfaat vital dalam menanggulangi bencana dimana tanaman tersebut memiliki daya serap airnya sangat tinggi dan mampu mengikat lapisan tanah secara kuat.

(Arda 72)

SHER tampabatas
Baca Juga Artikel di LV

About admin

Check Also

Tak Ada Kata Libur Babinsa Tetap Himbau Prokes

Tampabatas.com (SMSI-lpg), Boyolali.- Babinsa Winong Koramil 01 Boyolali Kodim 0724 Boyolali Serka Oko Sutejo dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *